Indonesia Gagal Menjadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Tragedi Kanjuruhan Jadi Faktor Utama

- 17 Oktober 2022, 07:52 WIB
PSSI, FIFA dan AFC Siap Bentuk Gugus Tugas Transformasi Sepakbola Indonesia
PSSI, FIFA dan AFC Siap Bentuk Gugus Tugas Transformasi Sepakbola Indonesia /@pssi.org/

EDITORNEWS.ID – Indonesia dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Banyak hal yang menjadi pertimbangan salah satunya adalah tragedi Kanjuruhan.

Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Windsor Paul John dalam konferensi persnya hanya menyebut dua negara calon tuan rumah. Keduanya yakni Qatar dan Korea Selatan.

"Kami belum menentukan. Keputusannya akan diambil dalam meeting 17 Oktober 2022 dan pada sore harinya akan ada pengumuman resmi negara mana yang akan terpilih menjadi tuan rumah," kata Datuk Windsor.

Jadwal Piala Asia nanti pun akan dilaksanakan berdasarkan tuan rumah. Pasalnya kedua calon tuan rumah memiliki kultur dan kondisi geografis yang berbeda.

Baca Juga: Viral Video Oknum Guru Aniaya 2 Siswa SMAN 2 Poso Sulawesi Tengah, Hari Ini Diperiksa

“Jika Korsel terpilih, Piala Asia akan digelar Bulan Juli karena cuacanya cocok, tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas. Andai Qatar yang terpilih, Piala Asia akan digelar Januari 2024 karena saat itu di sana tidak terlalu panas," ujar Datuk Windsor.

Bukan tanpa sebab, niat Indonesia menjadi tuan rumah mental begitu saja. Beberapa faktor dan kondisi terkini menjadi pertimbangan AFC menghapus Indonesia dari daftar tuan rumah.

Seperti pengalaman yang sudah-sudah, saat Indonesia menjadi tuan rumah ajang level Asia, kursi stadion kerap sepi. Terlebih jika bukan Timnas Indonesia yang bertanding.

Baca Juga: 'Run BTS' Perdana Dibawakan, Sukses Bikin Pecah Suasana Konser di Busan

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x