Pengamat Prediksi ada Tiga Pasangan Kandidat Pertarungan Pilkada DKI Jakarta

- 27 Februari 2024, 19:43 WIB
Ilustrasi kota Jakarta.
Ilustrasi kota Jakarta. /Unsplash/Eko Herwantoro
EDITORNEWS.ID -  Beberapa calon kandidat kepala daerah (Pilkada) DKI 2024 diprediksi akan diikuti tiga pasangan untuk bersaing meraih suara terbanyak di Jakarta.
 
Pengamat Politik Citra Institute Yusak Farhan menyampaikan "Saya kira prediksinya tetap ya sekitar tiga pasang calon yang akan bertarung nanti," kata Yusak awak media siang tadi.

Bukan tanpa alasan Yusak menyebut hal tersebut. Menurutnya, sejauh ini memang ada tiga sosok yang terlihat siap untuk turun dalam pertarungan Pilkada DKI Jakarta November 2024 nanti.

Namun pertarungan di Pilkada DKI diprediksi akan kompetitif mengingat kemampuan calon yang diusungkan.
Baca Juga: Harga Eceran Beras Tertinggi di Indonesia Mencetak Rekor Baru

"Kalau lawannya dapat yang seimbang katakanlah pak Anies maju lagi ataupun misalnya PDIP mengusung bu Risma, tentu pertarungan akan sangat kompetitif sekali," jelasnya.

Dirinya juga mengomentari dua kader partai Golkar yang sudah menampakkan diri di publik sebagai bakal Cagub DKI 2024 yakni Ridwan Kamil dan Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar.
 
Terpisah, Ahmed Zaki Iskandar juga menyatakan kesiapan untuk berkontestasi di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Zaki mengaku telah memiliki pengalaman sebagai kepala daerah. Ia pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Tangerang selama dua periode (2013-2023) dan anggota DPR pada 2009-2012 silam.
Baca Juga: Prabowo Menerima Ucapan Selamat dari Erdogan dan Beberapa Pemimpin Negara Sahabat

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menjadi sorotan usai tersebar balihonya di Jakarta. Baliho Ridwan Kamil itu menjadi viral dan dibicarakan oleh publik.

Dia menilai meskipun popularitas Ridwan Kamil lebih besar, namun Zaki yang saat ini menjadi Ketua DPD Golkar DKI Jakarta telah memiliki kendali struktural kepartaian.

"Tapi pada akhirnya partai Golkar, saya kira tidak bisa mengabaikan faktor popularitas dan faktor elektabilitas," ujarnya.

Dalam akhir keterangannya, dia menyoroti empat besar partai politik yang diprediksi memiliki kursi teratas yakni PDI Perjuangan, PKS, Gerindra, dan Golkar.***


 

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x