Penemuan Gunung Bawah Laut, Dua kali Ketinggian Burj Khalifa

- 25 November 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi gunung dala laut
Ilustrasi gunung dala laut /

EDITORNEWS.ID -  Sebuah gunung bawah laut ditemukan oleh ilmuwan, ketika mereka sedang memetakan dasar laut di lepas pantai Guatemala.

Gunung yang memiliki ketinggian dua kali lipat dari gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa, gunung ini memiliki ketinggian 1.600 meter.

Para ilmuwan dari Schmidt Ocean Institute menemukan gunung ini dengan menggunakan multi-beam echosounder, yaitu tipe sonar yang digunakan untuk memetakan dasar laut. Sonar ini ditembakan dari kapal penelitian Falkor.

"Pada setiap ekspedisi, mereka yang berada di kapal Falkor telah menemukan hal yang tak terduga, menakjubkan, dan baru," kata Wendy Schmidt, salah satu pendiri dan presiden institut tersebut.

Baca Juga: Pertamina Hulu Rokan Buka Program Magang Kerja 6 Bulan untuk Lokasi Riau dan Jakarta

Menurut Schmidt, meskipun mereka telah banyak menemukan hal-hal baru, masih banyak hal yang diketahui yang berada di dalam laut, mereka merasa senang dan bangga untuk terus menjelajahinya.

Dengan mencakup lebih dari 14 Km2, gunung ini dapat ditemukan di kedalaman 2,4 Km di bawah permukaan laut.

Penemuan gunung ini berasal dari ketidaksengajaan, dimana Schmidt dan para timnya yang selama enam hari menyeberangi lautan dari Puntarenas, Kosta Rika menuju East Pacific Rise.

"Sebuah gunung laut setinggi lebih dari 1,5 km yang sampai sekarang, tersembunyi di bawah ombak, benar-benar menandakan bahwa masih banyak yang belum kita temukan," kata Dr Jyotika Virmani, direktur eksekutif institut tersebut.

Baca Juga: Dewan Pers Kerap Menerima Aduan Terkait Status Ganda Wartawan Rangkap Tugas Sebagai Aktivis LSM

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x