Jokowi Resmi Lantik AHY Jadi Menteri ATR BPN dan Hadi Tjahjanto Menko Polhukam

- 22 Februari 2024, 07:27 WIB
AHY dan Hadi Tjahjanto saat dilantik sebagai Menteri ATR BPN dan Menko Polhukam di Istana Negara Rabu, 21 Februari 2024.
AHY dan Hadi Tjahjanto saat dilantik sebagai Menteri ATR BPN dan Menko Polhukam di Istana Negara Rabu, 21 Februari 2024. /Setpres

EDITORNEWS.ID -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Rabu, 21 Februari 2024.

Dia menggantikan Hadi Tjahjanto yang akan dilantik dan menduduki posisi baru sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Ham (Menko) Polhukam, yang sebelumnya diisi Mahfud MD.

Saya melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta.

Usai pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh AHY.

Baca Juga: Hadiri Puncak Peringatan HPN 2024, Jokowi Sampaikan Terima Kasih ke Insan Pers Bantu Kawal Pemilu

"Demi Allah bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945. Serta akan menjalankan segara peraturan perundangan-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tangung jawab," demikian kata AHY mengucapkan bunyi sumpah jabatan tersebut.

Usai mengucapkan sumpah jabatan, AHY menandatangani berita acara pelantikan sebagai Menteri ATR/BPN.

Pelantikan Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Yudhoyono berlandaskan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. Dalam kesempatan tersebut, saya mengambil sumpah jabatan menteri yang dilantik.

Saya harap Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Yudhoyono dapat terus berkonsolidasi dengan pihak-pihak terkait untuk menjaga situasi politik dan keamanan di Tanah Air.

Baca Juga: Ganjar Jenguk Relawan Korban Penganiayaan oleh Oknum TNI di Boyolali

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x