Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibanderol Rp125.000-Rp250.000

- 24 November 2022, 13:38 WIB
Simak rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan jadwal beroperasinya.
Simak rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan jadwal beroperasinya. /Instagram Indonesia Baik

EDITORNEWS.ID – Masyarakat yang ingin menggunakan kereta cepat Jakarta-Bangdung sudah bisa menerka ongkos yang harus disiapkan. Pasalnya PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah menetapkan tarif tiket kereta cepat pertama di Indonesia ini.

KCIC dalam rilisnya membagi dua kategori ongkos kereta cepat Jakarta-Bandung. Penumpang akan dikenai ongkos Rp125 ribu untuk jarak dekat dan Rp250 ribu untuk jarak jauh.

Pemberlakuan tarif tersebut dilakukan selama tiga tahun pertama pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi.

"Untuk tarif tadi kita sudah sampaikan bahwa di tiga tahun pertama Rp 250 ribu untuk tarif terjauh, tarif terdekat Rp 125.000 selama 3 tahun," kata Dwiyana.

Baca Juga: Ini Perbedaan TV Digital dan TV Analog, Gambar Lebih Jernih

Dwiyana menjelaskan bahwa selanjutnya penetapan tarif akan diberlakukan mengikuti dasar kajian tentang willingness to pay. Rinciannya yaitu Rp 350.000 untuk jarak terjauh dan Rp 150.000 untuk jarak terdekat.

Dia mengatakan untuk kapasitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dioperasikan dengan 68 rangkaian kereta per hari. Satu rangkaian terdiri dari 8 kereta dengan waktu operasional mulai pukul 05.30 hingga pukul 22.00 WIB.

"Kapasitas per kereta itu 601 penumpang. Satu rangkaian (terdiri dari) 8 kereta. Jam operasional kita pagi karena pagi itu jam pick yang kita harapkan 5.30 WIB, kemudian jam operasi sampai jam 22.00 WIB," katanya.

Baca Juga: Samsung Ledek Apple, Singgung soal Tak Punya Smartphone Lipat

Kereta Cepat Jakarta-Bandung sendiri akan beroperasi bersama Light Rapid Transit (LRT) pada Juni 2023. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

"Jika tidak ada aral melintang, Juni-Juli 2023 itu pararel kita mengoperasikan LRT dan Kereta cepat pada saat yang bersamaan," kata dalam rapat kerja dengan DPR di Jakarta, Rabu (23/11).

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x