Tersangka Dalam Kasus Dugaan Mafia Minyak Goreng Lin Che Wei Langsung Ditahan Kejagung

- 19 Mei 2022, 15:29 WIB
Tersangka kasus minyak goreng Lin Che Wei. (Foto: PMJ/Dok Kejagung).
Tersangka kasus minyak goreng Lin Che Wei. (Foto: PMJ/Dok Kejagung). /

EDITORNEWS.ID - Kejaksaan Agung telah mengungkapkan peran Lin Che Wei dalam kasus minyak goreng. Lin sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kelima perkara mafia minyak goreng  atau Crude Palm Oil (CPO).

Lin Che Wei mempunyai peran sebagai pemberi fasilitas ekspor minyak goreng atau Crude Palm Oil (CPO). Ia diduga bersekongkol dengan tersangka utama yakni Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana.

Lantas siapa Lin Che Wei, tersangka baru kasus korupsi CPO yang menggegerkan publik ini? Simak ulasannya berikut ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, Lin Che Wei Lin Che Wei lahir di Bandung pada 1 Desember 1968 merupakan seorang ekonom terkemuka Indonesia yang memulai kariernya sebagai analisis keuangan seperti WI Carr, Deutsche Bank Group dan Societe Generale. 

Baca Juga: Bakir Pasaman Bawa Pupuk Indonesia Raup Laba Rp5 Triliun Lebih, Mampu Lebihi Target..

Adapun penetapan Lin sebagai tersangka merujuk pada Surat Perintah Penyidikan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor: Print-26/F.2/Fd.2/05/2022 tanggal 17 Mei 2022 dan Surat Penetapan Tersangka (PIDSUS-18) Nomor: TAP-22/F.2/Fd.2/05/2022 tanggal 17 Mei 2022. Setelah ditetapkan tersangka, Lin Che Wei langsung ditahan.

Lin menjalani pemeriksaan selama lima kali sebagai saksi sebelum ditetapkan tersangka. Pemeriksaan pertama dilakukan pada 4 April 2022, lalu pada 25 April 2022, 10 Mei 2022, 11 Mei 2022, dan terakhir 12 Mei 2022.

Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah mengatakan Penasihat Kebijakan dan Analisa Independent Research dan Advisory Indonesia ini kerap terlibat dalam pengambilan keputusan di Kementerian Perdagangan. Khususnya, keputusan yang berkaitan dengan minyak goreng.

"Ya kita juga heran posisi dan peran dia itu apa di Kementerian Perdagangan, kok terlibat terus di dalam setiap kebijakan minyak goreng," ujar Febrie, Selasa, 17 Mei 2022.

Baca Juga: Akhirnya, Pengadaan Gorden Rumah Dinas DPR Dengan Tender Senilai Rp43,5 M Dibatalkan

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x