Cegah Kelangkaan Pertalite Diusulkan untuk Transportasi Umum, Bagaimana dengan Kendaraan Pribadi

- 7 April 2022, 10:55 WIB
Jenis kendaraan yang akan diperbolehkan untuk menggunakan BBM subsidi Pertalite akan dibatasi?
Jenis kendaraan yang akan diperbolehkan untuk menggunakan BBM subsidi Pertalite akan dibatasi? /Antara/Aditya Pradana Putra/

EDITORNEWS.ID – Tak hanya harga minyak sayur saja harga minyak dunia alias BBM juga mengalami kenaikan.

Jenis BBM yang dimaksud ialah BBM non subsidi seperti Pertamax, pertamina Dex dan dexlite.

Untuk itu sebagian warga banyak yang beralih menggunakan minyak pertalite yang menjadi andalan masyarakat menengah ke bawah.

Saat ini harga BBM jenis pertalite masih di angka yang sama yakni RpRp7.650 per liter berbeda dengan pertamax yang sudah mencapai Rp12.500 per liter.

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri Disebut-sebut Menjilad Ludah Sendiri Ketika Disinggung Soal BLT Era SBY dan Jokowi

Sebelumnya Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan tidak akan menaikkan BBM jenis Pertalite ditengah lonjakan harga minyak dunia.

Harga pertamax yang masih dalam keadaan mahal dikhawatirkan pengguna kendaraan akan beralih ke pertalite yang bisa memicu kelangkaan.

Menyikapi itu Pakar ekonomi energi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran, Yayan Satyakti menyarankan agar dilakukan pembatasan jumlah kuota Pertalite.

 

"Misalnya, Pertalite berada di wilayah perdesaan, sedangkan kawasan perkotaan semuanya Pertamax," ucapnya dilasnir dari Antara Rabu, 6 April 2022.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x