Sebagian Kalangan Masyarakat Tak Tahun Apa Itu Efikasi Vaksin Covid-19, Ini Penjelasannya

- 15 Januari 2021, 15:20 WIB
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Sinovac saat pembagian di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Jalan Kali Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/1).
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Sinovac saat pembagian di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Jalan Kali Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/1). /FOTO : Patrik Cahyo

EDITORNEWS - Ada sebagian kalangan masyarakat tidak tahun apa itu efikasi vaksin Covid-19. Sekalipun dikatakan mereka mengetahui dan mendengar istilah pandemi Covid-19.

Apa arti efikasi vaksin? Simak penjelasan dokter berikut ini.

Mendengarnya mungkin Anda mengernyitkan dahi setelah membaca kata “efikasi” di atas. istilah efikasi memang masih asing di kalangan awam.

Baca Juga: Sosialisasi Pembagian Vaksin Secara Empat Tahapan

Baca Juga: KJRI Kuching, Menyelamatkan WNI Korban Kekerasan (KDRT)

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, efikasi adalah persentase penurunan kejadian penyakit pada kelompok orang yang divaksinasi. Jadi, efikasi menunjukkan kemampuan vaksin tapi dalam konteks penelitian.

Kondisi penurunan tersebut akan dibandingkan dengan mereka yang tidak divaksinasi pada kondisi optimal. Ketika sebuah vaksin virus corona memiliki tingkat efikasi sebesar 90 persen, artinya tingkat kasus Covid-19 menurun hingga 90 persen pada uji klinis fase III dibandingkan relawan yang menerima plasebo.

Baca Juga: Kelapa Sawit Merupakan Salah Satu Komoditas Unggulan Indonesia yang diekspor ke Swedia

Baca Juga: Gempa Goncang Sulbar Jumat Dini Hari, Kantor Gubernur dan Rumah Sakit Roboh

Plasebo adalah sebuah pengobatan yang tidak berdampak atau penanganan palsu yang bertujuan untuk mengontrol efek dari pengharapan, dikutip dari Wikipedia.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x