Korea Utara Dilanda Musim Dingin Ekstrem, Suhu Turun hingga Minus 30 Derajat Celcius

- 25 Januari 2023, 18:38 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrim.
Ilustrasi cuaca ekstrim. /Pixabay/tienthinhphoto

EDITORNEWS.ID - Gelombang dingin melanda semenanjung Korea. Otoritas Korea Utara (Korut) pun memperingatkan kondisi cuaca ekstrem di negara itu.

Media resmi pemerintah mengatakan suhu cenderung turun di bawah -30 derajat Celcius di wilayah utara. Mirisnya lokasi tersebut merupakan bagian termiskin di negara itu.

Daerah pesisir juga diperkirakan akan dilanda angin kencang. Ryanggang, Hamgyong Utara, dan Hamgyong Selatan, provinsi termiskin di negara itu dan diperkirakan paling rentan terhadap guncangan iklim, semuanya terletak di utara.

NK News melaporkan listrik jarang ada di luar ibu kota Pyongyang, dan rumah tangga di tempat-tempat ini membakar. Kebanyakan mengeringkan tanaman untuk menghangatkan diri selama musim dingin.

Baca Juga: Autobiografi Pangeran Harry Setebal 410 Halaman Resmi Dijual

Di sana juga diketahui banyak yang hanya menggunakan bungkus plastik di sekitar pintu dan jendela mereka untuk isolasi. Meski Korea Utara telah terpengaruh oleh cuaca ekstrem atau buruk seperti tempat lain, namun hanya sedikit yang diketahui tentang dampaknya terhadap rakyatnya.

Para ilmuwan mengatakan cuaca ekstrem, termasuk gelombang dingin, menjadi lebih umum karena perubahan iklim. Terlebih hal yang sama juga dialami oleh negara-negara tetangga duo Korea.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x