Riset Safeguard Defender Sebut China Buka Kantor Polisi di 53 Negara

- 25 Desember 2022, 11:48 WIB
Polisi China disebut tengah berdinas di Indonesia, klaim ini pun viral di media sosial Facebook.
Polisi China disebut tengah berdinas di Indonesia, klaim ini pun viral di media sosial Facebook. /U Hadi/Akun FB @Misra Jiwaku

EDITORNEWS.ID – Organisasi HAM asal Spanyol, Safeguard Defenders, menyebut China telah mendirikan kantor polisi di 53 negara, termasuk di Jepang. Negeri Matahari Terbit itu pun merespons untuk mengecek kebenaran laporan tersebut.

Organisasi HAM yang fokus pada isu Asia itu menerbitkan dua laporan sejak September yang mengungkap otoritas China mendirikan 102 kantor polisi luar negeri di 53 negara. Disebutkan, selain Jepang, kantor-kantor polisi tersebut didirikan di negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada.

"Kami akan melakukan semua upaya yang diperlukan saat mengklarifikasi situasi ini," kata Kepala Sekretaris Kabinet, Hirokazu Matsuno, dikutip dari Reuters, Kamis (22/12).

Matsuno mengatakan Jepang telah menyampaikan pesan diplomatik ke China. Isinya, Jepang tak akan menerima aktivitas apa pun yang melanggar kedaulatan negara tersebut.

Baca Juga: Amanda Manopo dan Jonathan Landing Digosipkan Dekat, Rayakan Natal Bersama?

Safeguard Defenders dalam laporan pada September lalu menyatakan, kepolisian Kota Fuzhou, China, mendirikan pusat pelayanan di Tokyo. Masih menurut organisasi tersebut, kepolisian Kota Nantong juga memiliki kantor serupa di wilayah Jepang lainnya.

Sementara itu hasil penyelidikan yang dilakukan negara lain, fasilitas tersebut didirikan oleh China untuk mengawasi warganya yang beraktivitas di luar negeri. Selain itu petugas akan memaksa warga China yang melanggar untuk pulang guna menghadapi tuntutan pidana.

Pihak berwenang China membantah tuduhan telah mendirikan kantor polisi. Fasilitas yang dimaksud itu dikelola oleh sukarelawan yang membantu warga China memperbarui dokumen serta memberikan pelayanan lain terkait pembatasan Covid-19.***

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x