Sebanyak 185 Pengungsi Rohingya Terdampar di Pantai Aceh

- 28 Desember 2022, 10:42 WIB
Para pengungsi Rohingya di Aceh, Sebelum dipindah ke Pekanbaru
Para pengungsi Rohingya di Aceh, Sebelum dipindah ke Pekanbaru /

EDITORNEWS.ID - Sejumlah pengungsih warga Rohingya terdampar di pantai Ujong Pie, Kecamatan Muara Tiga (Laweung), Pidie, Senin, 26 Desember 2022 sekitar pukul 17.05 WIB.

Diperkirakan ratusan imigran Rohingya terdampar mereka menggunakan satu boat diperkirakan sekitar 200 orang dan didominasi perempuan.

Saat ini, Rohingya dalam kondisi sangat lemas, masyarakat pun telah memberikan pertolongan dengan memberikan makanan dan air.

"Benar, imigran Rohingya terdampar di pantai Ujong Pie Laweung Pidie. Informasi sekitar 200 orang," sebut Sekretaris Panglima Laot Pidie, Marfian, dikutip dari serambi, Senin (26/12).

Baca Juga: Riset Safeguard Defender Sebut China Buka Kantor Polisi di 53 Negara

Dari informasi, beberapa dari etnis Rohingya yang terdampar itu sebagian telah meninggal dunia.

Kapolres Pidie, AKBP Padli, melalui Kapolsek Muara Tiga, Ipda Fauzi, mengatakan, saat ini imigran Rohingya masih ditampung oleh masyarakat pesisir Laweung.

Kondisi Pengungsi Rohingya yang terdampar saat ini di Aceh Lhokseumawe sebanyak 185 di pantai Aceh.

Pengungsi Rohingya menerima perawatan medis darurat setelah sebuah kapal yang membawa hampir 200 orang mendarat di Aceh, Pendaratan ini adalah pendaratan keempat di Aceh dalam beberapa bulan terakhir.

Juru bicara kepolisian setempat Winardy mengatakan, kapal kayu yang membawa pengungsi Rohingya tiba sekitar Pukul 17:30 WIB, di sebuah pantai di Provinsi Aceh paling barat di Indonesia.

Baca Juga: Di Luar Dugaan, Pelecehan Seksual di Irak Lebih Banyak Dialami Pria Dibanding Wanita

"Dari 185 imigran Rohingya mendarat di (kabupaten) Pidie. Jumlah tersebut terdiri dari 83 laki-laki dewasa, 70 perempuan dewasa dan 32 anak-anak," kata Winardy dalam keterangannya seperti dikutip laman Channel News Asia, Selasa 27 Desember 2022.

Para pengungsi sementara ditampung di fasilitas lokal. Terdapat petugas kesehatan merawat mereka yang sakit. Beberapa tampak sangat lemah dan kurus dan diinfus oleh staf medis.***

 

 

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x