Dr. Richard Lee Jawab Keresahan Ibu-Ibu Terkait Obat Sirup Yang Diduga Sebabkan Gagal Ginjal Akut Misterius

- 22 Oktober 2022, 15:57 WIB
Dr. Richard Lee
Dr. Richard Lee /Instagram

EDITORNEWS.ID - Dr. Richard Lee, MARS memberikan solusi atas keresahan yang sedang dialami oleh para orang tua khususnya Ibu-Ibu di Indonesia terkait obat sirup yang diduga menyebabkan gagal ginjal akut misterius hingga merenggut puluhan nyawa anak di Indonesia.

" jadi kalau sudah terlanjur minum obat sirup ini, ya gak apa-apa kalau sudah terlanjur minum obat batuk sirup dan minum obat penurun panas gak apa-apa dan berdoa sama Tuhan namanya juga sudah terlanjur minum,"ucap Richard dilansir melalui kanal YouTube Dr. Richard Lee, MARS pada Sabtu (22/10/2022).

Ia menyarankan agar orang tua, lebih memperhatikan sang anak untuk memperbanyak konsumsi air putih, agar bisa mengeluarkan racun di dalam tubuh.

"Banyak minum air aja karena dia akan detoks dari ginjal dan hepar (hati) sendiri jadi perbanyak minum air dan jangan dikonsumsi terlebih dahulu sampai ada informasi lebih dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)," ujar Dr. Richard.

Baca Juga: Lirik Lagu Anti-Hero – Taylor Swift dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Diketahui IDAI sudah memberikan beberapa solusi yakni dengan menggunakan obat jenis tablet, kapsul dan menggunakan suppositoria.

Dr. Richard menjelaskan, untuk para orang tua jangan khawatir dengan penggunaan obat batuk Dextrometofan dan obat penurun panas Paracetamol karena menurutnya kandungan pada obat tersebut aman, yang tidak aman adalah zat pendampingnya.

"Paracetamol, baik Dextrometofan, itu obat batuk dan obat penurun panas yang isinya itu aman yang nggak aman itu adalah zat pendampingnya bukan Paracetamol nya," tegasnya.

Baca Juga: Wah! Boy William Ternyata Beneran Suka Ayu Ting Ting? Ini Jawaban Ayu

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x