Mengapa Kita Mengalami Ketakutan, Bagaimana Cara Menghilangkannya

- 22 April 2022, 14:24 WIB
Ilustrasi Takut
Ilustrasi Takut /Rizqi Arie Harnoko/PIXABAY/ambermb

EDITORNEWS.ID - Setiap orang tentu memiliki rasa takut yang ada pada diri masing-masing, dimana rasa takut itu bermancam-macam.

Rasa takut timbul dikarenakan adanya rasa cemas yang berlebihan didalam diri, seperti takut ketika berada dirumah sendirian atau ketika lampu mati dimalam hari dan masih banyak lainnya.

Rasa cemas yang ada didalam dirinya membuat detak jantung naik yang mengakibatkan timbulnya rasa merinding disertai dengan bulu tangan dan bulu leher naik.

Mengutip dari Yourtango secara perspektif psikologis, ketakutan adalah respons biokimia dan emosional yang mengingatkan kita akan adanya bahaya atau ancaman sehingga kita dapat mengambil tindakan untuk melindungi diri kita sendiri.

Baca Juga: 3 Cara Sederhana untuk Mengurangi Stres yang bisa Dicoba

Lebih lanjutnya rasa takut menimbulkan beberapa respon baik di bagian otak atau disebut amigdala dan respon fisik.

Dimana nantinya respon fisik mentransfer sinyal dari amigdala ke sistem saraf, yang mengontrol pergerakan tubuh Anda ketika Hormon stres kortisol dilepaskan.

Seorang ilmuwan LCSW dan guru mindfulness Nichole Moorman mengatakan “Tubuh dan otak kita dirancang untuk merasakan ketakutan dan ketakutan yang sehat adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah, berbeda, atau mungkin berbahaya.''

Gangguan stres pasca-trauma (PTSD), gangguan kecemasan, dan gangguan panik adalah semua kondisi yang dapat berkembang ketika respons rasa takut sering dipicu dan tidak rasional.

Baca Juga: 3 Cara Ampuh Dengan Bahan Praktis Hilangnya Rambut Rontok

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x