Selain bisa untuk Campuran Olahan Makanan, Cuka bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

- 11 Januari 2022, 15:01 WIB
Ilustrasi cuka apel.
Ilustrasi cuka apel. /Pixabay/Alexandra.

EDITORNEWS.ID - Cuka makanan merupakan salah satu bahan dapur yang sering digunakan untuk olahan makanan yang akan dibuat, cuka ini sering ditemui baik di pusat belanja tradisional maupun modern.

Cuka adalah larutan yang utamanya mengandung campuran 3 asam asetat, dan menurut sejarah, cuka adalah golongan asam lemah yang paling mudah didapat.

Bahan makanan satu ini dibuat melalui proses fermentasi cairan beralkohol atau cairan manis yang telah difermentasi untuk menghasilkan etanol oleh bakteri asam asetat.

Sementara untuk bahan campuran fermentasinya seperti kelapa, beras, kurma, kesemek, madu, dan lain-lain

Baca Juga: Berhenti Mengonsumsi Vape Sekarang! ini Manfaatnya untuk Tubuh Anda

Secara garis besar cuka ini dibedakan menjadi 4 jenis mulai dari campuran bahan hingga jenis warna masing-masing cuka tersebut.

1. Cuka Anggur Merah atau Putih, dari kedua jenis tersebut ternyata memiliki perbedaan diantaranya untuk cuka putih memiliki rasa yang tajam, sedangkan cuka merah dibumbui dengan raspberry alami.

Sementara dari kegunaan cuka putih lebih sering digunakan untuk menghilangkan rasa amis yang ada pada daging ayam atau ikan, sedangkan yang berwarna merah lebih identik untuk olahan daging babi.

2. Cuka Beras, merupakan salah satu bentuk cuka kuno yang tidak terlalu populer di industri kesehatan dan biasanya digunakan untuk mengawetkan sayuran.

Baca Juga: Cara Praktis Ganti Background Zoom di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x