Penerjemah Resmi BTS Tolak Permintaan Terjemahkan Surat RM, Picu Perdebatan Sebelum Wamil

- 14 Desember 2023, 14:28 WIB
RM Dan V BTS
RM Dan V BTS /Meri/

EDITORNEWS.ID_ Pada tanggal 11 Desember, pemimpin BTS RM mendaftar di militer bersama sesama anggotanya V untuk wajib dinas.

Sebelum pergi, RM menulis surat yang panjang dan tulus kepada ARMY dan mempostingnya di Weverse.

Dalam surat itu, dia berbicara tentang kenangan bahagianya dengan penggemar sebagai anggota BTS dan dengan jujur menyentuh ketakutannya terhadap 18 bulan mendatang.

“18 bulan ini bisa panjang atau pendek, tetapi saya percaya bahwa ini akan menjadi waktu ketika kita semua bisa mendapatkan inspirasi dan pembelajaran asing tetapi baru.

Meskipun mungkin menakutkan dan menakutkan, apakah ada yang lebih menghibur daripada fakta bahwa selama waktu yang tidak pasti ini, akan ada sesuatu untuk diharapkan dan dinanti-nantikan? Itu mungkin tugas saya, tetapi saya pikir itu juga cinta semua orang.” Tulis RM

Baca Juga: Eksklusif ! Jungkook BTS Ternyata Mencukur Rambutnya Sendiri Sebelum Wamil Terungkap

Surat itu menyentuh hati, sementara banyak penerjemah penggemar mencatat betapa bernuansanya versi Korea asli, sehingga hampir tidak mungkin untuk menerjemahkannya secara akurat ke dalam bahasa Inggris.

Beberapa penggemar meminta Anton Hur, penulis dan penerjemah yang mengerjakan memoar BTS versi bahasa Inggris, Beyond The Story: 10-Year Record Of BTS, untuk sebuah terjemahan.

Namun, Hur menyuarakan keengganannya untuk menerjemahkan surat itu dalam utas terperinci di X, menyiratkan bahwa itu tidak selaras dengan sudut pandangnya tentang wajib militer secara umum, yang "sangat ambivalen" berdasarkan pengalaman kehidupan nyatanya.

Dia kemudian menawarkan ingatan yang menyakitkan tentang waktunya dalam pelayanan, di mana dia terluka parah.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x