BPK Melakukan Pemeriksaan Terhadap Program Penyediaan Rumah Untuk Masyarakat Miskin di DKI

- 17 Maret 2021, 11:41 WIB
Ilustrasi kantor BPK RI. BPK RI memeriksa Rp1.035 triliun anggaran penanganan pandemi Covid-19
Ilustrasi kantor BPK RI. BPK RI memeriksa Rp1.035 triliun anggaran penanganan pandemi Covid-19 /Pikiran Rakyat/

  EDITORNEWS - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atau disingkat BPK merupakan lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang memiliki wewenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

BPK mengadakan kegiatan Entry meeting, yang dihadiri oleh anggota V/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara, Gubernur DKI Jakarta dan juga Wakilnya Ahmad Riza Patria, kegiatan tersebut diunggah dalam twitter BPK RI pada Selasa, 16 Maret 2021 kemarin.

Dalam rapat tersebut Bahrullah Akbar selaku Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V BPK menuturkan bahwa BPK akan melakukan pemeriksaan kinerja penyediaan rumah untuk masyarakat miskin tahun anggaran 2020.

Baca Juga: Kemensos dan PT. Pos Region Komodo Berikan Bantuan kepada Penyandang Disabilitas Fisik di Manggarai Timur

Baca Juga: Kecanduan Game Remaja Asal Bandung Menjalani Rawat Inap di RSJ, Wagub Jabar Berikan Pesan Kepada Orangtua

Pemeriksaan tersebut sebagai bentuk konsistensi BPK dalam menerapkan konsep pemeriksaan “Long Form Audit Report” (LFAR).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pemeriksaan Laporan keuangan tahun anggaran 2019 konsep pemeriksaan LFAR sudah diperkenalkan.

Konsep LFAR mengacu pada International Standard of Supreme Audit Institutions (ISSAI) No.12, ISSAI No 12 yang diterbitkan oleh  International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI).

Bahrullah menyampaikan bahwa  Melalui pendekatan LFAR, BPK berharap bukan hanya memberikan simpulan pemeriksaan laporan keuangan berupa opini saja, namun juga mengenai gambaran kinerja pada isu tertentu  yg menjadi perhatian publik, sehingga mendapatkan informasi yang utuh.

Dalam meeting tersebut bahrul juga menceritkan bahwa pada pemeriksaan laporan keuangan tahun 2019, BPK sudah melakukan pemeriksaan kinerja atas upaya pemerintah dalam melakukan pengendalian pencemaran udara, dan sudah berbagi pengalaman mengenai hasil  dengan BPK Polandia.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x