Banjir Besar Menimpa Wilayah Kabupaten Paser, Kaltim dengan Kerugian Materil Sebanyak 230 Unit Rumah

- 6 Oktober 2021, 08:45 WIB
Sehari diguyur hujan banjir di Melawai belum surut
Sehari diguyur hujan banjir di Melawai belum surut /Dok. BNPB

EDITORNEWS - Hujan lebat melanda di wilayah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Senin, 4 Oktober 2021

Hujan tersebut membuat Sungai Kandilo dan Sungai Sakerau meluap sehingga tidak mampu menahan debit air dan menyebabkan banjir besar.

Selain dikarenakan hujan lebat meluapnya dua sungai tersebut juga dikarenakan adanya air kiriman dari wilayah hulu sungai dan minimnya daerah resapan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kandilo dan Sungai Sakeau.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser banjir telah berdampak kepada 152 keluarga dengan total 717 jiwa.

Baca Juga: Menko Marves Luhut Binsar Katakan Hanya 5 WNA yang Boleh Masuk ke Indonesia untuk Berliburan Salah Satunya Chi

Korban sebanyak itu berasal dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Long Ikis, Komam dan Kecamatan Batu Sopang.

Disisi lain sebanyak 450 orang terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabat masing-masing.

Dari banjir tersebut total kerugian materil ada 230 unit rumah terendam banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) 100-150 meter, satu unit rumah rusak berat, akses jalan terputus dan beberapa fasilitas umum dan pendidikan juga terdampak banjir.

Terlebih dari itu BPBD Kabupaten Paser telah berkoordinasi dengan instansi lainnya terkait percepatan penanganan banjir di Kabupaten Paser.

Seperti beberapa posko bantuan telah didirikan ditambah dengan bantuan logistik, kebutuhan dasar dan air bersih juga telah didistribusikan oleh BPBD Kabupaten Paser, termasuk evakuasi warga ke lokasi yang lebih aman.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x