Jokowi Tinjau Jalan Ruas Surakarta, Singgung Jalan Rusak yang Bertahun-tahun Tidak Beres

- 23 Januari 2024, 21:45 WIB
Jokowi Singgung Jalan Rusak di Jawa Tengah, Warganet: Mantan Gubernur Sebelumnya Sibuk Mikirin Capres
Jokowi Singgung Jalan Rusak di Jawa Tengah, Warganet: Mantan Gubernur Sebelumnya Sibuk Mikirin Capres /Instagram/Jokowi

EDITORNEWS.ID - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sragen untuk meninjau perbaikan jalan di ruas Surakarta-Geyer-Purwodadi. Selasa, (23/1/2024).

Jokowi tiba di Sumberlawang pada pukul 08.00 WIB. Ia datang bersama Ibu Negara Iriana. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Ruas ini merupakan jalan logistik dengan status jalan provinsi yang kini ditangani Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sesuai dengan program Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah 2023.

Di hadapan awak media, Presiden Jokowi menyebut ruas jalan ini merupakan tantangan yang paling berat, lantaran selama puluhan tahun tidak pernah bisa beres. “Jalan ini kalau diaspal selalu rusak, selalu rusak, selalu rusak, setiap tahun pasti rusak,” tuturnya.

Baca Juga: Ganjar Jenguk Relawan Korban Penganiayaan oleh Oknum TNI di Boyolali

Untuk menangani hal itu, Kementerian PUPR lantas memutuskan untuk menggunakan rigid beton. Meski dengan biaya yang lebih besar, namun diharapkan hasilnya bisa jauh lebih baik.

Jalan tersebut terbagi menjadi tiga segmen, yakni Jalan Solo-Gemolong-Purwodadi 2A sepanjang panjang 4,33 km senilai Rp30,9 miliar, jalan Solo-Gemolong-Purwodadi sepanjang 8,18 km senilai Rp97,47 miliar, dan jalan Solo-Gemolong-Purwodadi 2B sepanjang 2,49 km senilai Rp32,66 miliar.

Sementara realisasi Inpres Jalan Daerah di Jateng terbagi menjadi tiga wilayah, yakni barat, tengah, dan timur. Jateng bagian barat ada 10 ruas jalan dengan panjang 98,2 km senilai Rp484 miliar. Jateng bagian tengah terdapat 14 ruas jalan sepanjang 70,8 km senilai Rp191,3 miliar. Lalu Jateng bagian timur terdapat 16 ruas jalan sepanjang 12,8 km senilai Rp684,5 miliar.

Jokowi menerangkan Sragen akan mendapat lagi alokasi dana dari Inpres, begitu pula Jateng. Namun nilainya berapa, masih dihitung.

“Tahun 2023 anggaran inspes jalan Rp14,6 triliun untuk 2.800 km. Pada 2024, dana inpres Rp15 triliun untuk 3.000 km,” tambah Menteri PUPR, Basuki Hadi Muljono.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x