Apakah Sholat Menggunakan Parfum Sah atau tidak, Ini Penjelasan Buya Yahya

- 12 Februari 2022, 10:37 WIB
Ilustrasi/ melaksanakan salat dhuha adalah sunah yang di ajarkan nabi, terdapat 2 surah yang di sarankan nabi untuk dibaca
Ilustrasi/ melaksanakan salat dhuha adalah sunah yang di ajarkan nabi, terdapat 2 surah yang di sarankan nabi untuk dibaca /Unsplash.com/Al Khatab Al-Saqri

EDITORNEWS.ID - Kehadiran parfum atau minyak wangi sangat populer di tengah-tengah masyarakat.

Mayoritas parfum menggunakan campuran alkohol lantas bagaimanakah seseorang yang memakai parfum jenis alkohol dibawa salat.

Adanya kandungan alkohol pada parfum tersebut membuat banyak orang bertanya, apakah minyak wangi ini dapat digunakan saat sholat?

Seperti yang telah diketahui salat juga dapat dikategorikan ke dalam dua jenis yaitu sholat wajib lima waktu dan sunnah seperti sholat istikharah, dan lain-lain.

Baca Juga: Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Inilah Perbedaan Hamil Tanpa Suami dengan Memiliki Pasangan Halal

Menyikapi pertanyaan tersebut Buya Yahya akhirnya memaparkan boleh atau tidaknya penggunaan parfum atau minyak wangi dengan kandungan alkohol sewaktu sholat.

Buya Yahya menyampaikan terdapat pendapat yang menyatakan bahwa alkohol dalam parfum dan alkohol yang diminum berbeda karena istilah ilmiahnya juga tidak sama.

Karena alkohol dalam parfum hukumnya dapat disetarakan dengan spirtus, bensin, maupun minyak tanah yang haram diminum tapi tidak najis di pakaian.

Baca Juga: 3 Pesan Syekh Ali Jaber Dalam Membaca AL Qur'an, Poin Satu Sering Terlupakan

Namun turut disampaikan jika tidak perlu terlalu kaku akan alkohol di parfum selama tidak diminum karena najis khamr hukumnya najis maknawi atau haram diminum tapi jika terkena baju tidak najis.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x