Louis van Gaal Mundur dari Timnas Belanda Seusai Gugur di Piala Dunia 2022

- 10 Desember 2022, 21:10 WIB
Louis Van Gaal Menyebut Qatar Terlalu Kecil Untuk Piala Dunia 2022
Louis Van Gaal Menyebut Qatar Terlalu Kecil Untuk Piala Dunia 2022 /Football Italia/

EDITORNEWS.ID - Usai sudah petualangan Louis van Gaal di timnas Negeri Kincir Angin. Ia resmi meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Belanda.

Keputusan itu dibuatnya menyusul gugurnya Belanda dari perempat final Piala Dunia 2022. Van Gaal meninggalkan Der Oranje pascakekalahan atas Argentina.

"Para pemain berjuang sampai menit terakhir, mereka meninggalkan segalanya di lapangan, saya sangat bangga dengan mereka. Saya sangat menikmati siklus ini sebagai pelatih," kata Van Gaal dikutip dari Bein Sport, Sabtu (10/12).

Eks pelatih Manchester United itu sebelumnya memang sudah menyatakan akan meninggalkan De Oranje usai Piala Dunia 2022. Pasalnya, kontraknya sudah habis di Timnas Belanda.

Baca Juga: Hadapi Portugal, Mampukah Maroko Jadi Tim Afrika Pertama Tembus Semifinal Piala Dunia?

Selain itu, Van Gaal juga diketahui sempat menderita kanker prostat. Oleh sebab itu, ia berniat beristirahat demi lebih menjaga kesehatannya.

Resmi menyudahi masanya di Timnas Belanda, Van Gaal pun menyampaikan salam perpisahan menyentuh. Van Gaal pertama-tama menyampaikan ucapan terima kasih atas perjuangan para pemainnya meski kalah dari Argentina.

"Sangat menyakitkan melihat bagaimana kami tersingkir. Saya tidak bisa menyalahkan diri sendiri , saya pikir kami mempersiapkan segalanya. Pemain saya berjuang sampai akhir dan mati di ruang ganti. Mereka memberikan segalanya," ujarnya.

Van Gaal pergi setelah sempat menukangi Timnas Belanda tiga kali (2000-2001, 2012-2014, dan 2021-2022). Kendati belum mempersembahkan gelar, Van Gaal tentu akan dikenang sebagai salah satu pelatih terbaik oleh publik Negeri Kincir Angin.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x