Timnas AS Munculkan Bendera Iran secara Utuh Seusai Terancam Sanksi FIFA

- 28 November 2022, 12:41 WIB
Pelatih Timnas AS, Gregg Berhalter bersama dengan timnas AS.
Pelatih Timnas AS, Gregg Berhalter bersama dengan timnas AS. /Instagramn.com/@gregg_berhalter_official/

EDITORNEWS.ID - Sempat enggan, Timnas Amerika Serikat akhirnya memunculkan bendera Iran secara utuh. Hal ini setelah FIFA mengancam mencoret mereka dari Piala Dunia 2022.

Sebelumnya akun Twitter dan Instagram sepakbola putra Amerika Serikat, @usmnt, mengeluarkan unggahan yang kontoversial. Sontak pencinta sepakbola dunia pun heboh dibuatnya.

Akun @usmnt mengunggah klasemen sementara Grup B Piala Dunia 2022. Selintas, tak ada yang aneh dalam unggahan tersebut, mengingat seluruh kontestan Grup B Piala Dunia 2022 disertakan akun di atas.

Namun, jika ditelisik lebih dalam, akun @usmnt tidak menyertakan bendera Iran secara utuh. Dalam unggahannya, lambang negara Iran yang berbentuk empat bulan sabit dan sebilah pedang tidak disertakan akun di atas.

Baca Juga: Suporter Belgia Mengamuk Usai Timnya Kalah dari Maroko 2-0, Polisi Tembakan Gas Air Mata

Disebutkan, aksi itu dilakukan akun @usmnt sebagai bentuk protes masalah Hak Asasi Manusia (HAM) khususnya kepada perempuan yang tengah terjadi di Iran. Unggahan akun itu pun mendapat sorotan dari jurnalis asal Iran, Holly Dagres.

“Akun Twitter dan IG tim sepakbola nasional pria AS (@USMNT) menghapus lambang Republik Islam dari Bendera Iran, jelang laga Amerika Serikat vs Iran,” tulis akun Twitter jurnalis asal Iran, @hdagres.

Kantor berita Iran, Tasnim, pun mendorong Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) untuk memberikan hukuman kepada Timnas Amerika Serikat. Tasnim meyakini Timnas Amerika Serikat bisa dilarang tampil dalam 10 pertandingan, yang otomatis harus lengser dari Piala Dunia 2022.

“Dengan mengunggah bendera Republik Islam Iran yang terdistorsi di akun resminya, Timnas Amerika Serikat telah melanggar piagam FIFA. Amerika Serikat bisa terkena skorsing 10 pertandingan mengacu kepada hukuman yang berlaku,” tulis kantor berita Tasnim, mengutip dari Sports Illustrated.

Baca Juga: Piala Dunia 2022, Maroko Beri Kejutan Usai Tumbangkan Belgia 2 Gol Tanpa Balas

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x