Dua Warga Surabaya Terpapar Varian Omicron Usai Perjalanan dari Bali

- 3 Januari 2022, 10:44 WIB
Ilustrasi Bandara. Aturan baru menaiki pesawat di momen libur Nataru.
Ilustrasi Bandara. Aturan baru menaiki pesawat di momen libur Nataru. /Pikiran Rakyat/Aldiro Syahrian

EDITORNEWS.ID - Dua warga asal Surabaya terinfeksi Covid-19 varian Omicron usai melakukan perjalanan di Bali selama 5 hari.

Mereka pergi ke Bali untuk berliburan menggunakan kendaraan pribadi.

Warga tersebut adalah sepasang suami istri dengan inisla TYC dan suaminya SJJ mereka pun segera dilakukan karantina.

"Yang terbaru adalah dua orang warga Surabaya, diketahui keduanya habis berlibur ke Pulau Bali bersama keluarga besar," ujar Juru Bicara Vaksinasi kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, Minggu, 2 Januari 2022, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Novel Baswedan Sebut Korupsi Dana Bansos Adalah Kasus Luar Biasa

Setelah pulang dari Bali TYC mengalami keluhan merasakan lendir di tenggorokan ia pun diminta tes swap PCR dan hasilnya positif dengan CT Value 26.

"Kemudian pada 30 Desember 2021, hasil S-gene Target Failure (SGTF) TYC positif varian K417N (Delta Plus) dan Probable Varian Omicron sehingga TCY diarahkan untuk melakukan isolasi di sebuah rumah sakit di Surabaya sembari menunggu hasil WGS-nya keluar," ucap Erwin (dokter yang menanggani pasien).

Ditanggal 1 Desember kemarin Dinkes Surabaya dan puskesmas setempat melakukan pemantauan kondisi TYC yang diisolasi di sebuah rumah sakit

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Soroti Maraknya Kekerasan Seksual, Eks Menteri Kelautan: Perlu Berapa Banyak Lagi Korban

"Dengan ditemukannya kasus Omicron tersebut, Dinkes Jatim melakukan koordinasi dengan Dinkes Surabaya untuk pelaksanaan surveilans ketat pada kasus sesuai protokol penanganan varian Omicron, lalu memastikan pelaksanaan pemantauan karantina pada KE dilakukan sampai tuntas serta memastikan pelaksanaan swab ulang kepada seluruh KE yang teridentifikasi dengan metode RT-PCR," timpalnya.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah