Selamat Hari Kartini, Berikut Sejarahnya

- 21 April 2021, 16:28 WIB
Hari Kartini 21 April 2021
Hari Kartini 21 April 2021 /Instagram/@bumifiksi.jakarta

EDITORNEWS - Hari ini 21 April 2021 di peringati sebagai Hari Kartini, dimana merupakan sebuah sejarah untuk mendapatkan kesamaan hak gender yang di perjuangkan oleh Raden Adjeng Kartini.

Dimana Raden Adjeng Kartini merupakan seorang putri keturunan ningrat, ayahnya merupakan Bupati Jepara yang bernama Raden Mas Sosriningrat dan ibunya bernama M.A. Ngasirah yaitu putri anak dari seorang guru agama di Teluwakur, Jepara.

Pada saat penjajahan kaum perempuan tidak diperbolehkan untuk mendapatkan pendidikan tinggi kecuali perempuan keturunan bangsawan yang berhak memperoleh pendidikan.

Baca Juga: Mensos Tri Rismaharini Berikan Santunan untuk Korban Ledakan Bom di Makassar

Baca Juga: Anggota Komisi V DPR RI Toriq Hidayat Usulkan Dua Insentif untuk Perusahaan Angkutan Terkait Larangan Mudik

Sementara perempuan dari lapisan biasa hanya diberikan satu tujuan untuk menikah dan melayani suami mereka.

Berbanding dengan perempuan keturunan ningrat hanya diperbolehkan menikah dengan laki-laki keturunan ningrat agar mereka selaras.

Dimana wanita kelahiran 21 April 1879 ini berusaha untuk memperoleh kesetaraan hak bagi semua orang dan hak pendidikan bagi semua orang, terutama kaum wanita.

Seperti yang sering ditayangkan dalam sinetron memperingati Hari Kartini, kehidupan yang tidak adil untuk semua kaum perempuan.

Dilansir Intersections, surat-surat yang dikirimkan menguraikan pemikiran Kartini terkait berbagai masalah termasuk tradisi feudal yang menindas, pernikahan paksa dan poligami bagi perempuan Jawa kelas atas, dan pentingnya pendidikan bagi anak perempuan.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x