Ada Hal yang Perlu di Ketahui, Hand Sanitizer tak Efektif Cegah Corona jika Salah Menggunakannya

- 14 Desember 2020, 06:36 WIB
Ilustrasi pakai hand sanitizer.
Ilustrasi pakai hand sanitizer. /Pexels/Anna Shvets/

EDITORNEWS - Untuk menjaga kesehatan tubuh yang perlu kita waspadai adalah, selain faktor makanan juga menjaga keberihan tubuh.

Virus yang sering menyerang tubuh manusia biasa terjadi melalui makan dan tangan yang kotor atau lalat yang bisa hinggap dimakanan tanpa kita sadari kuman tersebut masuk kedalam tubuh.  

Untuk menjaga tangan tetap bersih bisa membantu mencegah penyebaran infeksi virus penyebab COVID 19, termasuk melalui penggunaan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan secara benar.

Baca Juga: Polda Jatim Tangkap Empat Orang yang Ancam Gorok Mahfud Md

Ada beberapa  kesalahan saat menggunakan hand sanitizer sehingga membuatnya tak efektif mencegah virus, termasuk COVID 19, seperti dilansir dari Livestrong, Minggu:

1. Terlalu sedikit
Kepala perawatan kesehatan di Stride Community Health Center, Denver, Colorado, Savita Ginde merekomendasikan orang dewasa menggunakan hand sanitizer menyesuaikan dengan ukuran tangan.

Baca Juga: Gempa Tektonik Dengan Magnitudo 5,2 Terjadi di Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Tidak mencakup seluruh tangan
Mencuci tangan dengan sabun dan air harus mencakup jari-jari, serta telapak tangan dan punggung tangan dan hal sama juga perlu Anda terapkan saat menggunakan pembersih tangan.

"(Gunakan) secukupnya untuk bagian depan dan belakang tangan, serta jari-jari dan area di antara jari-jari. Jika Anda hanya menggosok kedua telapak tangan, Anda tidak menyelesaikan tugas Anda," kata Ginde.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah