PBB Lakukan Pengesahan Resolusi Penguatan Ketahanan Kesehatan Kesehatan Global

- 15 Desember 2020, 12:12 WIB
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi //ANTARA

EDITORNEWS - Penguatan Ketahanan Kesehatan Kesehatan Global disahkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang diinisiasi Indonesia dan didukung oleh 181 Negara anggota PBB pada 14 Desember 2020

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Menyampaikan bahwa Pengesahan resolusi dilakukan di markas beras PBB di New York.

Resolusi "Global Health and Foreign Policy: Strengthening Health System Resilience through Affordable Healthcare for All" yang menekankan mengenai pentingnya layanan kesehatan yang mudah diakses dan terjangkau untuk memperkuat sistem ketahanan kesehatan global difasilitasi Indonesia bersama Afrika Selatan, Brazil, Norwegia, Prancis, Senegal, serta Thailand.

Baca Juga: Tiga Petugas yang Beroperasi Menjadi Korban dalam Kecelakaan Mobil Patroli dengan Kereta Api

Resolusi ini adalah bukti nyata kiprah Indonesia dalam memperjuangkan solidaritas global terkait kerja sama kesehatan, khususnya di masa pandemi Covid-19, dan hal ini juga merupakan terobosan penting karena akses dan layanan kesehatan yang terjangkau menjadi perhatian semua pihak," kata Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi.

Inisiatif Indonesia itu adalah bentuk nyata tindak lanjut dari pernyataan Presiden RI Joko Widodo saat pidato di Sidang Majelis Umum PBB ke-75 yang menekankan pentingnya kolaborasi dan kepemimpinan kolektif global dalam menangani pandemi.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Minta Anies Baswedan Untuk Membatasi Jam Operasional Hingga Pukul 19.00

Selain itu, Menlu Retno menambahkan bahwa resolusi itu juga sejalan dengan peran Indonesia sebagai Ketua Global Health and Foreign Policy Initiative, yang aktif mendukung upaya global mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Global Health and Foreign Policy Initiative beranggotakan tujuh negara, yaitu Afrika Selatan, Brazil, Indonesia, Norwegia, Prancis, Senegal, dan Thailand. Indonesia merupakan Ketua kelompok ini pada 2020.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x