Fakta Menarik Masjid Istiqlal, Simbol Toleransi Muslim Indonesia dan Termegah Keempat di Dunia

- 25 Oktober 2022, 07:04 WIB
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal /Istimewa

EDITORNEWS.ID – Umat muslim di Indonesia boleh berbangga. Selain menjadi populasi muslim terbesar, kita juga memiliki masjid yang keunikannya terkenal hingga mancanegara.

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Dalam sejarah bangsa Indonesia, Masjid Istiqlal menjadi sebuah bangunan yang memiliki berbagai nilai penting, seperti nilai ilmu pengetahuan, pendidikan, dan keagamaan.

Sebagai informasi, pembanguan masjid yang dimulai pada 1954 itu menjadi cita-cita besar setelah kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Tak ayal kemegahan Masjid Istiqlal telah lama tersiar di seluruh pelosok negeri dan menjadi ikon bangsa Indonesia.

Mengutip dari laman resmi istiqlal.or.id, Masjid Istiqlal menjadi sebuah kebanggan warga Jakarta sekaligus tempat untuk beribadah di hati warga Indonesia. Menteri Agama RI pertama saat itu, Wahid Hasyim dan beberapa ulama mengusulkan mendirikan masjid yang mampu menjadi simbol bagi Indonesia.

Baca Juga: BTS, Stray Kids, hingga ENHYPEN Berebut Gelar Grup Pria Terbaik di MAMA Awards 2022

Pada 1953, Wahid Hasyim bersama Agus Salim, Anwar Tjokroaminoto dan Sofwan dan dibantu sekitar 200 tokoh Islam pimpinan Taufiqorrahman mengusulkan untuk mendirikan sebuah yayasan. Kemudian pada 7 Desember 1954 didirikanlah yayasan Masjid Istiqlal yang diketuai oleh Tjokroaminoto untuk mewujudkan ide pembangunan masjid nasional tersebut.

Berikut beberapa fakta menarik Masjid Istiqlal yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bersebrangan dengan Katedral 

Sesuai keinginan Presiden Soekarno kala itu, lokasi Masjid Istiqlal didirikan di atas bekas benteng Belanda Frederick Hendrik dengan Taman Wilhelmina. Benteng dang taman yang dibangun oleh Gubernur Jendral Van Den Bosch pada 1834 itu terletak di antara Jalan Perwira, Jalan Lapangan Banteng, Jalan Katedral, dan Jalan Veteran.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x