Jurus Jitu Berkata 'Tidak' Pada Orang Lain, Untuk Kamu Yang Sifatnya Gak Enakan

- 21 Maret 2022, 17:17 WIB
Ilustrasi , Tidak
Ilustrasi , Tidak /Lamtiur Indah Sari/

EDITORNEWS.ID - Ada kalanya manusia merasa berat untuk menolak permintaan orang lain. Terutama jika orang lain tersebut adalah saudara atau orang terdekat.

Sifat "gak enakan" tersebut sering sekali menghantui perasaan seseorang, khususnya ketika permintaan orang lain tidak sesuai dengan kemauan hati, namun berat untuk menolak nya karena takut menyakiti hati orang tersebut.

Dampaknya, perasaan dan kebutuhan diri sendiri sering terabaikan karena sibuk membantu orang lain. Tentunya ini membuat suasana hati menjadi jengkel dan tidak tenang.

Melansir dari beberapa sumber dan literasi psikologi, berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba untuk menolak permintaan orang lain :

Baca Juga: Hindari Bahasa Tubuh Berikut Ini Agar Tidak Dianggap Sombong oleh Lawan Bicara

1. Mempersiapkan kalimat untuk menolak

Menyiapkan kalimat yang tepat untuk menolak orang lain ketika secara tiba - tiba diminta melakukan sesuatu tujuannya adalah ketika dihadapkan pada situasi tersebut tidak terbata-bata dan dapat langsung menolaknya dengan cepat.

2. Mulai kalimat penolakan dengan kata 'maaf'

Untuk mengurangi perasaan bersalah yang mungkin muncul ketika melalukan penolakan, ada baiknya memulai kalimat penolakan itu dengan kata "maaf".

Setidaknya dengan mengucapkan kata 'maaf', orang yang bersangkutan akan mengerti situasi nya.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah