Alasan Masyarakat Indonesia Suka Berkumpul dan Silaturahmi 

- 21 Maret 2022, 08:27 WIB
ilustrasi silaturahmi
ilustrasi silaturahmi /

EDITORNEWS.ID - Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan atau tradisi yang sudah mendarah daging sejak dahulu, yaitu berkumpul dengan sanak saudara atau melakukan silaturahmi.

Terutama ketika hari raya besar tiba, seperti hari raya Natal dan Idul Fitri, kebiasaan berkumpul atau silaturahmi sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia.
 
Melansir dari beberapa sumber, terdapat beberapa alasan yang membuat masyarakat Indonesia senang berkumpul atau bersilaturahmi.
 
Pertama, ingin bertemu dengan saudara yang belum dikenal sebelumnya. 
 
 
Selain sanak saudara yang biasanya ditemui, biasanya dari sanak saudara tersebut juga terdapat saudara yang belum pernah ditemui. 
 
Itu sebabnya hari raya menjadi ajang pertemuan sanak saudara dekat maupun jauh.
 
Suatu saat akan menggantikan sosok orangtua. Ketika orangtua pergi untuk selamanya, masyarakat sudah dapat menggantikan peran dan melanjutkan tanggungjawab orangtua tersebut. Oleh karena itu budaya silaturahmi sangat di hormati di negara Indonesia.
 
Alasan lain yang menjadi alasan masyarakat Indonesia suka berkumpul dan bersilaturahmi adalah untuk memperluas networking.
 
Momen tersebut untuk dimanfaatkan untuk memperkenalkan usaha kepada sanak saudara. 
 
Dengan demikian masyarakat dapat memperoleh jaringan distribusi yang lebih banyak dan murah tentunya. 
 
Dan mana tahu usaha yang dilakukan akan menjadi semakin lancar dan dikenal banyak orang.

Untuk masyarakat yang sedang kesulitan mencari pekerjaan,  salah seorang dari keluarga, baik keluarga jauh maupun dekat yang mempunyai kenalan, dapat menghubungkan dengan orang yang berpengaruh. 

Alasan lain yang tidak kalah penting adalah mendapatkan motivasi dan nasihat terbaik dari orang - orang yang lebih tua dan lebih berpengalaman.
 
Nasihat merupakan sesuatu yang sangat penting dan sebaiknya tidak di abaikan karena untuk kebaikan diri sendiri di masa depan.***

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah