6 Tips untuk Menghilangkan Rasa Gugup saat Presentasi di Muka Umum

- 7 Januari 2022, 14:51 WIB
Ilustrasi seseorang berbicara di depan orang banyak. Cara Lancar Berbicara di Depan Umum.
Ilustrasi seseorang berbicara di depan orang banyak. Cara Lancar Berbicara di Depan Umum. /Pixabay.com/piranka

EDITORNEWS.ID - Tampil didepan banyak orang memang tidaklah mudah, apalagi jika sambil menjelaskan suatu naskah atau seperti seorang MC dan lainnya.

Menurut Nevid, dkk (1997) menyatakan bahwa kecemasan berbicara di depan umum biasanya ditandai dengan gejala fisik seperti tangan berkeringat, jantung berdetak lebih cepat dan kaki gemetaran.

Lebih lanjut nya seorang penelitian Zimbardo pada Universitas Stanford di California, AS (2006) menyatakan kecemasan membuat individu merasa rendah diri, meremehkan diri sendiri, menganggap dirinya tidak menarik dan menganggap dirinya tidak menyenangkan untuk orang lain.

Kejadian seperti ini bukanlah sebuah hal yang asing bagi sekelompok orang lain, bahkan bisa menghilangkan rasa percaya diri, tapi tidak menutup kemungkinan ada juga sekelompok orang yang bisa mengatasi fenomena seperti ini.

Baca Juga: Kenapa Sebagai Orang Mudah Masuk Angin, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dilansir dari sumber lainnya bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan berbicara di depan umum adalah efikasi diri merupakan salah satu aspek afektif tentang invididu itu sendiri yang paling berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Nah untuk kalian yang merasa kurang percaya diri ketika harus tampil dihadapan semua orang, berikut kami rekomendasikan tipsnya sebagai berikut:

1.Kamu bisa mulai untuk melatih diri didepan kaca setiap tampil untuk meminimalisir kesalahan dan juga memantapkan hatimu.

2. Kalau sudah lancar, kamu bisa mencobanya dengan teman-teman atau keluargamu sebagai penontonnya agar enggak canggung lagi di hadapan umum nanti.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare yang Wajib Dipakai Mulai Usia 25 Tahun

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x