Riview Perkedel Bakar Warisan Belanda yang Jadi Kuliner Khas Warga Depok

- 21 April 2021, 12:16 WIB
Perkedel kentang telur puyuh
Perkedel kentang telur puyuh /Tangkapan layar Youtube/ARA KITCHEN/

EDITORNEWS - Kalau biasanya perkedel diolah dengan cara digoreng, warga Depok justru mengolahnya dengan cara dibakar karena keunikannya, makanan satu ini jadi kuliner khas bagi warga Depok.

Cara pengolahan ini mereka dapat sebagai salah satu warisan Belanda Depok yang masih ada hingga hari ini.

Belanda Depok merupakan etnis asli yang mendiami kota tersebut, jadi dipastikan pencetus resep ini adalah salah satu nenek moyang warga Depok yang saat itu hidup berdampingan dengan Belanda.

Baca Juga: Aneka Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Baca Juga: V BTS Nyanyikan Lagu Pengantar Tidur, Tapi Army Malah Dibuat Tak Bisa Tidur

Keunikan pengolahan perkedel bakar membuat cita rasa yang muncul dari makanan satu ini juga terasa unik berbeda dengan perkedel biasa yang bahan utamanya kentang, bahan utama untuk perkedel bakar justru cengkeh.

Selain terkenal akan raasa rempah yang kuat, masyarakat juga percaya cita rasa yang ada di dalam perkedel bakar merupakan ciri khas rasa Belanda.

Karena, makanan ini mengutamakan rasa dari cengkeh dan lada bahan makanan yang dicampur ke perkedel bakar pun hanya kentang, ada juga irisan daging sapi asap, telur, dan campuran susu untuk menambahkan rasa gurih di adonan.

Tentu resep dan pengolahan ini berbeda dengan perkedel yang biasa dibuat untuk makan sehari-hari, karena itu lah perkedel bakar jadi menu khas warga Depok yang masih berusaha dilestarikan hingga hari ini.

Tapi, karena makanan satu ini terhitung langka, kemunculannya hanya ada di waktu-waktu tertentu saja dan hanya warung tertentu yang masih setia menyajikannya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x