Simak 5 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mata

- 18 Maret 2021, 16:58 WIB
Ilustrasi mata.
Ilustrasi mata. /PIXABAY/Coyot

EDITORNEWS - Setiap tahun teknologi terus mengalami perkembangan mulai dari telepon selular, laptop, dan produk yang berbaur mesin teknologi lainnya.

Seperti yang diketahui dengan adanya mesin teknologi tentunya mempermudah akses kita dalam melakukan pekerjaan sehari-hari contohnya laptop yang digunakan saat bekerja.

Namun dibalik fleksibel kerja menggunakan laptop tentu paparan sinar yang dipancarkan bisa mengenakan penglihatan apalagi jika tidak bisa merawat mata dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: 3 Tips Membeli Produk Skincare agar tidak Mengancam Kesehatan Kulit

Baca Juga: 6 Tips untuk Menghilangkan Rasa Gugup saat Presentasi di Muka Umum

Seseorang yang bekerja didepan laptop hampir kebanyakan menggunakan bantuan kaca mata, baik kaca mata radiasi maupun minus.

Prof. Diany Yogiantoro,dr., Sp.M(K), pakar kesehatan mata dari Departemen Ilmu Kesehatan Mata RSUD dr. Soetomo, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga membaca dalam kondisi cahaya sedikit tidak akan merusak mata namun jika terlalu tinggi intensitas cahaya dapat menyebabkan mata menjadi perih.

Dilansir dari beberapa sumber, tips untuk menjaga kesehatan mata diantaranya:
 
1. Rutin Memeriksakan Mata
2. Merawat dan Menjaga Kebersihan Lensa Kontak
3. Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik 
4. Penuhi Asupan Serat Tinggi seperti sayur dan buah-buah.
5. Beri Mata Waktu untuk Beristirahat
 
 
 
Rasa mata yang perih yang paling umum adalah peradangan pada iris yang disebut iritis (uveitis anterior) dan penanganan umumnya adalah tetes mata. 
 
Gejala termasuk kemerahan, nyeri, sensitivitas terhadap cahaya, penglihatan kabur, dan bintik-bintik mengambang gelap di bidang penglihatan.
 
Lebih jauh, Dr. Anu menyebutkan bahwa uveitis dapat menyebabkan kebutaan yang selanjutnya berdampak pada kualitas hidup penderitanya.***
 
 
 
 

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah