Nasib Konser BLACKPINK Di Vietnam Yang Menghadapi Kontroversi Baru Atas Biaya Royalti

- 28 Juli 2023, 20:24 WIB
BLACKPINK
BLACKPINK /Meri/

EDITORNEWS.ID_Pada 28 Juli, Menurut media lokal Vietnam VN Express, Pusat Perlindungan Hak Cipta Musik Vietnam (VCPMC)

Meminta Komite Rakyat Hanoi untuk mencabut izin konser BLACKPINK di Vietnam, yang dijadwalkan akan diadakan di Stadion Nasional My Dinh di Hanoi pada tanggal 29 dan 30 bulan ini.

VCPMC adalah satu-satunya organisasi di Vietnam yang disahkan oleh Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA).

Namun, VCPMC menyatakan bahwa penyelenggara konser BLACKPINK, iME, "telah gagal mendapatkan izin dan membayar royalti yang diperlukan untuk melisensikan hak cipta untuk penggunaan materi BLACKPINK di Vietnam".

Baca Juga: Kritikus Musik Kim Young Dae Beri Spoiler Tentang Solo V BTS Yang Mengejutkan

Dengan demikian, KOMCA menyatakan bahwa mereka mengirim dokumen yang relevan sebagai tanggapan atas permintaan VCPMC dan menyatakan  bahwa biaya royalti biasanya diselesaikan di muka.

Tetapi ada kasus di mana biaya royalti bisa diselesaikan setelah kinerja. Namun Komite Rakyat Hanoi saat ini sedang menyelidiki masalah tersebut.

Sebelumnya konser BLACKPINK juga mengalami kontroversi karena situs web kantor pusat iME yang menunjukkan Nine-Dash Line yang menarik perhatian.

Dan ini merupakan masalah besar mengingat bahwa negara-negara Asia tenggara termasuk Vietnam, berada dalam perselisihan dengan Cina atas klaim kedaulatan di laut Cina selatan.

Baca Juga: Ini Reaksi Jungkook BTS Terhadap (G)I-DLE Miyeon Saat Menjatuhkan Trofi Mcountdownnya

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x