Michelle Yeoh berhasil membawa pulang Piala Oscar 2023 untuk Kategori Aktris Terbaik 

- 15 Maret 2023, 20:52 WIB
Michelle Yeoh berhasil membawa pulang Piala Oscar 2023 untuk Kategori Aktris Terbaik 
Michelle Yeoh berhasil membawa pulang Piala Oscar 2023 untuk Kategori Aktris Terbaik  /

EDITORNEWS.ID - Michelle Yeoh menjadi artis Malaysia pertama sekaligus wanita Asia Tenggara Pertama yang meraih piala Oscar lewat perannya di film Everything Everywhere All at Once.

"Aku mendedikasikan ini untuk ibu saya, ibu di seluruh dunia," tutur Michelle Yeoh sambil menahan tangis.

Bernama Lengkap Michelle Yeoh Choo Kheng PSM lahir Yeoh Choo Kheng lahir pada 6 Agustus 1962 merupakan seorang aktris Malaysia. 

Dalam film-film awalnya di Hong Kong ia mulai dikenal pada 1990 setelah membintangi serangkaian film aksi Hong Kong seperti Yes, Madam (1985), Magnificent Warriors (1987) , Police Story 3: Supercop (1992), The Heroic Trio (1993), dan Holy Weapon (1993).

Baca Juga: Jungkook Akuin Satu Hal Kesalahannya Pas Live Streaming Kemarin di Weverse. Apa itu Army?

Dia kemudian pindah ke Amerika Serikat di mana dia mendapatkan pengakuan lebih lanjut untuk perannya dalam film James Bond Tomorrow Never Dies (1997), dan film seni bela diri Ang Lee Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000) yang membuatnya mendapatkan Penghargaan BAFTA untuk Aktris Terbaik dalam nominasi Pemeran Utama. 

Dia memperoleh kebangkitan karir dengan peran berulang selama beberapa tahun di Star Trek: Discovery (2017–2020). 

Untuk perannya sebagai Evelyn Wang dalam Segalanya Di Mana Saja Sekaligus (2022), ia menerima Penghargaan Akademi untuk Aktris Terbaik menjadi orang Asia pertama yang memenangkan Oscar untuk Aktris Terbaik. 

Orang Malaysia pertama yang memenangkan Penghargaan Akademi dalam kategori apa pun dan wanita kedua yang memenangkan Aktris Terbaik setelah Halle Berry pada tahun 2002.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x