Pengaruh Iklan Terselubung, Banyak ARMY Jadi Tau Brand Kakaknya Jungkook BTS

- 5 Oktober 2021, 12:14 WIB
Jungkook BTS
Jungkook BTS /

EDITORNEWS - Awal bulan ini, Jungkook BTS terlibat dalam kontroversi iklan terselubung yang dilaporkan oleh seorang netizen pada 1 Oktober lalu.

Media Sports Kyunghyang mengungkapkan bahwa seorang warga mengajukan keluhan kepada Komisi Perdagangan Adil sehubungan dengan kontroversi yang melibatkan maknae BTS ini.

Iklan terselebung mengacu pada praktik periklanan yang tidak diungkapkan oleh selebriti Korea yang melibatkan promosi produk tanpa mengungkapkan ikatan mereka dengan perusahaan atau dibayar untuk mempromosikannya.

Kontroversi bermula saat Jungkook terlihat mengenakan berbagai kaus dari perusahaan brand fashion milik saudaranya 'GRAFFITIONMIND'. Jungkook muncul di V Live mengenakan T-shirt brand tersebut (harga reguler 119.000 KRW (~$100,98) di situs web).

Baca Juga: Jung Ho Yeon Dari Squid Game Kalahkan Song Hye Sebagai Aktris Korea ke-2 Paling Banyak Diikuti di Instagram

Beberapa hari kemudian, ia mengunggah foto selfie mengenakan T-shirt yang sama dengan warna berbeda di Twitter dan Weverse.

Namun, seorang pejabat dari Komisi Perdagangan menyatakan kepada Hankyung News bahwa sulit untuk mengatakan bahwa tindakan Jungkook adalah iklan 'terselubung'.

Aspek terpenting dari iklan terselubung adalah apakah dia menipunya atau tidak. Namun, dia tidak menyebutkan brand sama sekali, oleh karena itu, sulit diakui jika ia menipu penggemarnya.

Selain itu, pejabat Komisi Perdagangan ini menyatakan, "Hanya mengenakan pakaian brand tidak melanggar kriteria perdagangan yang adil tentang iklan terselubung."

Baca Juga: Masih Ingatkah Kamu, Wajah Mulus Jin Tersakiti Akibat Kaca dan Lihat Endingnya

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x