Green Economy, Strategi Baru Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi di Indonesia

- 10 Februari 2023, 13:41 WIB
ilustrasi, ekonomi hijau
ilustrasi, ekonomi hijau /


EDITORNEWS.ID - Baru-baru ini ramai dibicarakan soal ekonomi hijau. Sebelumnya ekonomi hijau ditetapkan menjadi sekian strategi utama pemerintah Indonesia untuk mempercepat pemulihan ekonomi usai pandemi Covid-19.

Ekonomi hijau pun dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Ada tiga program yang dijadikan prioritas, meliputi peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim serta pembangunan rendah karbon.

Pengertian Ekonomi Hijau Green Economy atau nama lainnya ekonomi hijau merupakan suatu gagasan ekonomi yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan serta kesetaraan sosial masyarakat dan mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara signifikan dan lebih parah lagi.

Ekonomi hijau bisa juga dapat diartikan sebagai perekonomian yang rendah atau tidak menghasilkan emisi karbondioksida, menghasilkan emisi karbondioksida terhadap lingkungan dan hemat sumber daya alam dan berkeadilan sosial.

Baca Juga: Diadang Isu Resesi dan Ekonomi Tak Menentu, Cari Tahu E-Commerce Apa No.1 Pilihan Penjual

Perbedaan Ekonomi Hijau Dibanding Gagasan Ekonomi Lainnya Perbedaan antara ekonomi hijau dengan ekonomi lainnya merupakan penilaian langsung kepada modal alami serta jasa ekologis sebagai nilai ekonomi dan akuntansi biaya.

Biaya yang diwujudkan pada masyarakat dapat ditelusuri kembali serta dihitung sebagai kewajiban, kesatuan yang tidak membahayakan ataupun mengabaikan aset.
Kehadiran adanya ekonomi hijau bukanlah pengganti pembangunan berkelanjutan.

Namun penegasan bahwa keberlanjutan hanya bisa dicapai dengan memastikan manusia hidup pada model ekonomi yang tepat serta berwawasan lingkungan. Model ekonomi tersebut sebagai ekonomi yang bertumbuh dengan berlandaskan keadilan sosial dan keadaan ekologis.

Transisi ekonomi konvensional menjadi ekonomi hijau bertujuan agar pertumbuhan ekonomi serta investasi sejalan dengan meningkatnya suatu kualitas lingkungan dan inklusivitas sosial masyarakat. Prinsip Ekonomi HijauPrinsip ekonomi hijau harus memenui kebutuhan sekarang tanpa harus mengorbankan kebutuhan generasi mendatang.

Baca Juga: Hobi Membuat Minuman, Begini Cara Mengelola Bisnisnya Agar Jadi Sumber Penghasilan

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x