Kembali di Gelar, Serunya Pawai Alegoris tahun 2023 di Yogyakarta

- 28 Mei 2023, 21:48 WIB
Pawai Alegoris 2023
Pawai Alegoris 2023 /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata kembali menggelar Pawai Alegoris untuk promosi mengenalkan potensi wisata.

Kegiatan ini diadakan di kawasan Kotagede yang mengusung tema Harmony of Kotagede pada Sabtu (27/5/2023).

Pawai Alegoris 2023 menampilkan kisah tokoh-tokoh dibalik sejarah pemberian nama kampung-kampung di Kotagede.

Pawai Alegoris Harmony of Kotagede dimulai dari Jalan Kemasan hingga Jalan Mondorakan. Di depan Pasar Kotagede para peserta pawai dari 12 sanggar di Kota Yogyakarta selatan menampilkan tarian yang mengisahkan tokoh-tokoh sejarah nama kampung-kampung di Kotagede.

Baca Juga: Tanggapan Bupati Rokan Hilir Terkait Wakilnya yang Kepergok Asyik 'Indehoy' dengan Bawahannya di Kamar Hotel

Di lansir dari Portal berita Pemerintah Kota Yogyakarta tentang pembukaan pawai ditandai dengan pemukulan kenong oleh Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo bersama Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Susanto Dwi Antoro.

“Pawai Alegoris tahun 2023 mengambil lokasi di Kotagede dengan tema Harmony of Kotagede. Pemilihan lokasi saya kira sangat tepat. Karena tidak ada orang yang tidak tahu Kotagede yang punya banyak sekali destinasi wisata dan daya tarik wisata. Narasi dan story tellingnya sangat memukau,” kata Singgih, saat membuka Pawai Alegoris Harmony of Kotagede.

Menurutnya produk ekonomi kreatif Kotagede luar biasa misalnya dari kuliner ada kembangwaru, kipo dan ukel. Singgih berpesan agar produk wisata yakni destinasi, kisahnya dan ekosistemnya seperti kuliner harus dijaga agar wisatawan memberikan apresiasi dengan membeli produk itu. Dampaknya kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

“Pawai alegoris ini adalah bagian dari bagaimana mempromosikan wilayah selatan Kota Yogyakarta. Kita mengambil kawasan selatan Kota Yogyakarta adalah Kotagede. Untuk itu saya berharap Kotagede yang sudah menjadi destinasi wisata yang terkemuka ini akan selalu menjaga ekosistemnya. Masyarakat seluruh kawasan Kotagede ini harus sadar wisata,” terangnya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x