Usai Pemilu 2024, Siap-siap Harga BBM Naik Awal Maret

- 16 Februari 2024, 18:00 WIB
Pertamina Pastikan Stok BBM, LPG dan Avtur Aman Selama Libur Panjang dan Jelang Pemilu 2024
Pertamina Pastikan Stok BBM, LPG dan Avtur Aman Selama Libur Panjang dan Jelang Pemilu 2024 /Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/Dok PT Pertamina Patra Niaga Sumbagut

EDITORNEWS.ID - Siap-siap PT Pertamina (Persero) akan naikan harga BBM untuk seluruh produknya pada awal Maret 2024.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memberi sinyal akan ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi seperti pertamax.

Arifin Tasrif mengatakan, harga BBM khususnya yang non subsidi ke depan pasti akan selalu mengikuti formula harga indeks minyak dunia.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan kondisi harga minyak mentah Indonesia (ICP) yang naik sekitar US$6 per barel dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Rumah Sakit Royal Prima Jambi Sedang Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Perawat, Simak Kualifikasinya

Beliau mengatakan PT Pertamina (Persero) sempat menahan kenaikan harga BBM untuk seluruh produknya jelang Pemilu 2024 pada Februari ini. Berbeda dengan SPBU swasta milik Shell Indonesia dan BP AKR, yang kompak menaikan harga pada waktu yang sama.

"Kalau non subsidi kan formula harga indeks minyak kan. Sekarang kan US$82 per barel. Dibandingkan tahun lalu, ada kenaikan US$6. Ini tentu kan mempengaruhi biaya produksi," ujarnya dalam bincang media di Gedung Ditjen Migas, Jumat (16/2).

Perusahaan negara, PT Pertamina memang rutin memperbaharui harga BBM per awal bulan. Namun, jelang pemilihan umum (pemilu) 2024 pada Februari lalu tidak ada kenaikan maupun penurunan alias tetap.

Tak hanya Pertamina, perusahaan SPBU swasta lainnya juga memperbaharui harga BBM setiap awal bulan. Dengan kenaikan harga minyak mentah, harga BBM diperkirakan mengekor.

Baca Juga: Aldi Taher Terharu, Masya Allah Gak Nyangka Banyak yang Nyoblos ? Makasih ya

"Non subsidi nanti kita liat dari badan usaha. Badan usaha kan juga saling berkompetisi kan," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x