Dunia Sastra Nasional Berduka, Sastrawan Remy Sylado Tutup Usia

- 12 Desember 2022, 14:50 WIB
Remy Sylado.
Remy Sylado. / Facebook RemySylado23761/

EDITORNEWS.ID – Dunia sastra nasional harus Kembali kehilangan tokoh besar. Sastrawan Remy Sylado meninggal dunia akibat penyakit hernia yang dideritanya.

Dalam beberapa bulan terakhir, kondisi kesehatan Remy Sylado memang menurun. Pria kelahiran 12 Juli 1945 tersebut harus diobservasi kondisi kesehatannya selama dua hari di rumah sakit.

Dokter pun memutuskan bahwa seniman senior tersebut harus menjalani operasi hernia. Remy dirawat selama 10 hari di rumah sakit dan sempat diizinkan untuk pulang ke rumah.

Beberapa politikus yang gemar berpuisi sempat menjengu Remy di RS Tarakan. Di antaranya adalah Mantan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Politikus Gerindra Fadly Zon.

Baca Juga: Tawuran Antar Sekolah 1 Siswa SMKN3 Semarang Terluka Sabetan Senjata Tajam

Sekilas Tentang Remy

Dilahirkan dengan nama Yapi Panda Abdiel Tambayong atau Japi Tambayong di Makassar, 22 Juli 1945, Remy Silado memiliki banyak nama pena. Jubal Anak Perang Imanuel, Dova Zila, Alif Danya Munsyi, Juliana C Panda adalah sederet nama penanya.

Ia juga sering menuliskan namanya dengan not angka 23761. Angka ini diambil dari kord pertama lirik lagu And I Lover Her milik The Beatles: 2-3-7-6-1 (re-mi-si-la-do).

Interpretasi lain, konon angka ini merupakan sebuah tanggal kala Remy pertama kali mencium seorang perempuan pada 23 Juli 1961. Namun, Remy sendiri mengaku angka itu dibuat secara asal-asalan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Hadiah untuk Hari Guru Nasional 2022, Bermanfaat dan Murah

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x