Rusia Konfirmasi akan Gabung AFC, Persaingan Asia pun Kian Ketat

- 30 November 2022, 11:44 WIB
Daftar 24 negara yang akan tampil dalam ajang kompetisi AFC Asian Cup 2023 di Qatar
Daftar 24 negara yang akan tampil dalam ajang kompetisi AFC Asian Cup 2023 di Qatar /

 

 

EDITORNEWS.ID – Sanksi FIFA dan UEFA terhadap Rusia berbuntut panjang. Selain tak bisa tampil di Piala Dunia, timnas dan klub-klub Rusia juga dilarang tampil di ajang internasional.

Federasi Sepakbola Rusia (RFU) pun mulai mempertimbangkan peluang bergabung ke Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Presiden RFU Aleksander Dyukov pun mengonfirmasi hal tersebut.

“Beberapa bulan lalu, saya mengatakan ide untuk gabung AFC terlalu dini. Namun, sekarang merupakan kesempatan yang harus kami pertimbangkan,” kata Aleksander Dyukov mengutip dari The Thao 247, Selasa (29/11).

Rusia sebenarnya lolos ke playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa. Tim Beruang Merah ditempatkan di path B bersama Polandia, Swedia dan Republik Ceko.

Baca Juga: FIFA Setujui Perpindahan Federasi Pemain Sandy Walsh, Bersiap Hadapi Piala AFF 2022

Sesuai jadwal, Rusia dipertemukan dengan Polandia di semifinal playoff path B. Namun, karena invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina, FIFA mengeluarkan hukuman. FIFA mencoret Rusia dari playoff, yang mana itu membuat mereka gagal ambil bagian di Piala Dunia 2022.

Tak sampai di situ, UEFA juga melarang klub-klub Rusia ambil bagian di seluruh kompetisi antarklub Eropa. Merasa dicampakkan, Rusia berencana angkat kaki dari UEFA dan berencana pindah ke AFC.

Selain karena secara geografis Asia dekat dengan Rusia, negara-negara Asia juga tak terlalu meributkan perihal invasi Rusia ke Ukraina. Hal itu berbeda dengan negara-negara teras Eropa yang mengecam serangan Rusia ke Ukraina.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x