Alasan-alasan Orang Enggan Menikah, Apakah Indonesia akan Resesi Seks?

- 13 Desember 2022, 22:55 WIB
Sepasang kekasih asal Korea Selatan berpose di Kota Seoul. Lebih dari dua ribu warga Korea Selatan hilang di luar negeri akibat diculik dan ditahan, di Kota Seoul sendiri populasi menurun akibat resesi seks.
Sepasang kekasih asal Korea Selatan berpose di Kota Seoul. Lebih dari dua ribu warga Korea Selatan hilang di luar negeri akibat diculik dan ditahan, di Kota Seoul sendiri populasi menurun akibat resesi seks. /AFP/Anthony Wallace

EDITORNEWS.ID – Setelah Jepang, Korea Selatan, China, dan Thailand, tren orang enggan menikah kian merembet ke negara lain. Bahkan di Indonesia makin banyak pria dan wanita yang enggan menikah dan punya anak.

Andai ini terjadi maka akan berujung pada resesi seks. Sebuah kondisi saat masyarakat tak mau lagi menikah, berhubungan seks, dan punya anak.

Rupanya ada penurunan persentase pemuda berstatus kawin dalam kurun waktu 10 tahun. Dulu awalnya sebesar 46,5 persen di tahun 2011 menjadi 37,69 persen di tahun 2021. Ini menunjukkan makin menurunnya pemuda menikah.

BPS menduga adanya perubahan pola pikir terutama pada perempuan. Mereka lebih mengedepankan perbaikan kualitas hidup, pendidikan dan status ekonomi dibandingkan keputusan kapan akan menikah.

Baca Juga: Arti Cinta Yang Sesungguhnya, Cinta Yang Mengalahkan Semesta dan Segala Isinya

Melansir Times of India, berikut sejumlah alasan yang membuat orang lebih memilih untuk melajang daripada buru-buru menikah. Apa saja?

1. Punya jiwa yang bebas dan tidak menyukai rutinitas

Perlahan dan bertahap, hubungan berubah menjadi semacam rutinitas. Beberapa orang dibangun untuk itu, dan mereka menemukan kenyamanan di dalamnya. Namun beberapa wanita yang berjiwa bebas bahkan tidak tahan dengan gagasan tentang rutinitas dalam suatu hubungan.

Mereka selalu mencari petualangan. Masyarakat harus mulai menerima kenyataan bahwa tak semua wanita ingin menikah. Ada banyak wanita yang memilih melajang selamanya, harusnya itu tak jadi masalah selama mereka gembira.

2. Malas menghadapi drama dalam hubungan cinta

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x