Panjang Sirkuit Mandalika, Sirkuit MotoGP Indonesia Setelah Sentul

- 15 Oktober 2023, 21:53 WIB
Ilustrasi Sirkuit Mandalika
Ilustrasi Sirkuit Mandalika /Tangkap Layar dari halaman oto.com/

EDITORNEWS.ID - Sirkuit Mandalika, trek balapan MotoGP kedua di Indonesia ini terletak pada Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit yang dibangun dengan biaya mencapai Rp1.2 triliun ini adalah bentuk partisipasi pemerintah Indonesia, atas absennya Indonesia sebagai tuan rumah motoGP selama 25 tahun.

Sirkuit yang dibangun pada awal 2021 ini memiliki panjang lintasan 4,3 km, dengan tujuh belas tikungan, yang terdiri dari enam tikungan ke kiri dan sebelas tikungan ke kanan. Trek lurus terpanjang yang dimiliki sirkuit ini mencapai 723 m dengan lebar lintasan 15 m.

Jumlah lap yang akan ditempuh pembalap motoGP adalah sebanyak dua puluh tujuh putaran, dengan total 116,1 km dalam sekali balapan.

Sejarah MotoGP Mandalika

Balapan MotoGP pertama yang digelar pada sirkuit ini menyimpan banyak kejadian-kejadian unik, dimulai dengan kehadiran mbak Rara sebagai pawang hujan hingga pembalap KTM yang memenangi juara pertama di sejarah sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Meriahkan HUT KONI ke-85 di Jambi Gelar Senam Sehat, Pencak Silat hingga Atraksi Barongsai

Trek yang digunakan sebagai sirkuit balapan besar ini pertama kali digelar pada tahun 2022, dengan cuaca hujan yang menunda balapan hingga 75 menit lamanya. Kehadiran mbak Rara sebagai pawang hujan menjadi daya tarik tersendiri pada balapan itu.

Pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira mencatat kemenangan pertama pada sirkuit ini, Miguel memenangkan balapan dengan jalur yang basah dan licin setelah hujan itu mengungguli Fabrio Quartararo dan Johann Zarco, yang berurutan menempati posisi kedua dan ketiga.

Mandalika Kembali Menggelar Balapan

Dilansir jadwal yang diberikan situs resmi MotoGP, sirkuit Mandalika akan kembali menjadi tuan rumah balapan besar ini. Putaran ke-15 kejuaraan besar ini dikabarkan akan bertanding pada hari Minggu, 15 Oktober 2023.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x