Sunardi B, Legenda Penoreh Sejarah yang Berhasil Membawa PSMS Juara Berturut Piala Perserikatan

- 18 November 2022, 17:35 WIB
Sunardi B satu satunya Kapten yg membawa PSMS Medan dua kali berturut turut menjadi Juara Divisi Utama Perserikatan PSSI (1983 dan 1985). Sumber dokumentasi Indra Efendi
Sunardi B satu satunya Kapten yg membawa PSMS Medan dua kali berturut turut menjadi Juara Divisi Utama Perserikatan PSSI (1983 dan 1985). Sumber dokumentasi Indra Efendi /

EDITORNEWS.ID - Sosok legenda PSMS Medan tidak bisa dipisahkan ketika berbicara kejayaan PSMS Medan di belantika persepakbolaan Indonesia dan Internasional pada masa lalu.

Seperti halnya sebagian besar legenda PSMS di masa lalu, Sunardi B juga adalah sosok pemain yang lahir dan mengenal sepakbola di daerah perkebunan.

Pemain kelahiran Simalungun 17 Januari 1952 ini mengawali karirnya di PSS Simalungun pada 1969 di bawah kepelatihan Abd.Kholid Siregar.

Pada 1971 sempat pindah ke Persesi Pematang Siantar lalu kemudian pindah kembali ke PSS Simalungun.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ungkap Penyebab Timnya Kalah Telak 0-6 Dari Timnas Prancis U-20

"Permainan apiknya sebagai gelandang sayap maupun sebagai gelandang serang membuat PSS Simalungun menjadi salah satu kekuatan sepakbola Sumut selain PSMS Medan. Permainan apiknya ketika itu membuat dirinya direkrut oleh tokoh sepakbola Sumut dan Indonesia Kamaruddin Panggabean untuk mempekuat PSSI Wilayah I yang akan berlaga di Kejuaraan Antar Wilayah PSSI pada 1974," ujar Indra Efendi Rangkuti, pengamat olahraga kala mengisahkan era keemasan PSMS, kepada awak media, Jumat 18 November 2022.

Masih menurut Indra, kendati PSSI Wilayah I didominasi oleh pemain pemain bintang PSMS dan Timnas seperti Nobon, Tumsila, Anwar Ujang, Yuswardi, Zulkarnaen Pasaribu, Parlin Siagian, Sarman Panggabean dll, tapi tidak membuat Sunardi B minder.

Justru sambung Indra, Sunardi B semakin termotivasi untuk bisa mengimbangi dan menyatu dengan permainan mereka hingga akhirnya sukses menghantarkan PSSI Wilayah I menjadi Juara Turnamen Antar Wilayah pada 1974 dan mewakili Indonesia di turnamen Presiden Cup di Seoul.

"Di mana akhirnya PSSI Wilayah I menjadi Runner Up usai kalah dari tuan rumah Korea Selatan yang waktu itu diperkuat bintang legendarisnya Cha Bum Keun," ucapnya.

Baca Juga: Serba-Serbi Piala Dunia 2022 Qatar, Argentina Milih Aula Kampus Ketimbang Hotel Mewah

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x