Fakta-fakta Potensi Tanah Bergerak di 10 Wilayah Jaksel dan Jaktim

- 3 Desember 2022, 08:14 WIB
INFO PRAKIRAAN WILAYAH POTENSI TERJADI GERAKAN TANAH DI WILAYAH DKI JAKARTA BULAN DESEMBER 2022
INFO PRAKIRAAN WILAYAH POTENSI TERJADI GERAKAN TANAH DI WILAYAH DKI JAKARTA BULAN DESEMBER 2022 /BPBD DKI Jakarta/

EDITORNEWS.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaui keterangan resminya mengeluarkan peringatan dini. Mereka menyampaikan potensi bencana tanah bergerak.

Terdapat 10 wilayah di Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Timur (Jaktim) yang berpotensi mengalami tanah bergerak.Berikut sejumlah fakta terkait potensi tanah bergerak di Jaksel dan Jaktim:

1. Penjelasan BPBD DKI

Prakiraan wilayah potensi, menurut BPBD DKI, terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG.

"Menurut informasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di Zona Menengah," tambahnya.

Baca Juga: Messi Akhirnya Angkat Bicara soal Dugaan Pelecehan Jersey Meksiko

2. Potensi Tanah Bergerak di 10 Wilayah

Wilayah yang berpotensi mengalami tanah bergerak di Jakarta Selatan meliputi Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan. Sementara wilayah Jakarta Timur meliputi Kecamatan Kramatjati dan Pasar Rebo.

3. Terjadi Jika Curah Hujan di Atas Normal

BPBD DKI menjelaskan, pada Zona Menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal. Terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. Sementara pada Zona Tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x