Lansia Sudah Bisa Vaksin Booster Dosis Dua, Begini Persyaratannya

- 23 November 2022, 19:28 WIB
Berikut adalah jadwal lokasi vaksin booster terbaru di Kota bandung yang digelar hari ini pada Rabu, 8 November 2022.
Berikut adalah jadwal lokasi vaksin booster terbaru di Kota bandung yang digelar hari ini pada Rabu, 8 November 2022. /Instagram @updates_gurur/

EDITORNEWS.ID - Vaksinasi booster Covid-19 dosis kedua (suntikan keempat) untuk kelompok lansia akan bisa segera dimulai. Hal ini sesuai dengan surat edaran pemerintah.

Melalui Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia, berlaku efektif semenjak ditandatangani Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Maxi Rein Rondonuwu per 22 November 2022.

Dikeluarkannya kebijakan izin pemberian vaksinasi booster Covid-19 dosis kedua, atau suntikan keempat, kepada kelompok usia di atas 60 tahun adalah karena lansia merupakan kelompok rentan infeksi Covid-19. Hal ini dimaksudkan demi mengurangi tingkat keparahan infeksi dan kematian akibat Covid-19.

Seperti diketahui, sebagian besar pasien Covid-19 yang meninggal dunia adalah kelompok orang tua lanjut usia. Oleh kerena itu vaksinasi booster lanjutan sangan diperlukan.

Baca Juga: Putri Candrawathi Hadiri Sidang Secara Virtual Sebab Positif Covid-19

Pemberian vaksin booster dosis 2 alias suntikan keempat vaksin Covid-19 ini memiliki beberapa aturan. Hal ini disampaikan Juru Bicara Kementerian Kesehatan Muhammad Syahril.

Aturan pertama ialah soal rentang waktu, lansia yang ingin mendapat vaksin booster dosis kedua ini. Setidaknya sudah berjarak 6 bulan semenjak booster dosis pertama diberikan.

Bagi lansia yang belum pernah mendapat booster Covid-19 sama sekali, diwajibkan mendapatkan suntikan booster dosis 1 terlebih dahulu. Ini pun wajib sudah full dose, alias dosis lengkap dua dosis vaksin primer Covid-19.

Lebih lanjut, Syahril menekankan agar percepatan vaksinasi booster kedua lansia berjalan beriringan dengan vaksinasi primer dan booster pertama.

Baca Juga: Korban Kericuhan Munas HIPMI Buat Laporan Ke Polisi, Ternyata Begini Kronologisnya!

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x