Presiden Jokowi Dijadwalkan Mengunjungi Korban Erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

- 6 Desember 2021, 22:31 WIB
Presiden Jokowi tiba di Bandara Internasional Juanda untuk kunjungan kerja di Jawa Timur
Presiden Jokowi tiba di Bandara Internasional Juanda untuk kunjungan kerja di Jawa Timur /Twitter/@setkabgoid

EDITORNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mengunjungi korban erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa besok (7/12).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi hendak meninjau lokasi bencana dan melihat langsung dampak dari bencana alam pekan lalu itu.

"Besok ke Lumajang," ucap Heru kepada wartawan, Senin (6/12).

Namun demikian, Heru tidak merinci kegiatan Jokowi di Lumajang besok. Heru mengatakan, akan menjelaskan rangkaian kegiatan Jokowi setelah pesawat Presiden bertolak dari Jakarta pada Selasa pagi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, keselamatan korban merupakan fokus utama penanganan tanggap darurat erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: Kepala BNPB Membangun Kembali Rumah yang Rusak Akibat Erupsi Gunung Semeru

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), para korban yang terluka harus segera mendapatkan perawatan yang maksimal.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, maka yang harus menjadi prioritas adalah keselamatan para korban, khususnya mereka yang cedera atau sakit itu harus mendapatkan perawatan maksimal," ujar Muhadjir Effendy, saat mengunjungi korban di RSUD Pasirian, Lumajang, Senin (6/12).

Jokowi juga langsung memerintahkan jajarannya untuk mengambil tindakan cepat dalam menanggulangi erupsi yang telah mengakibatkan 13 orang meninggal dunia itu.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, perintah disampaikan Presiden Jokowi kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI, Kapolri, serta Gubernur dan Bupati.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x