Daerah Provinsi Jawa Barat akan Melakukan Sekolah Bumdes Secara Online dan Offline

- 17 Februari 2021, 16:51 WIB
Ilustrasi pelatihan skill di PPKD Jakarta Selatan. (Pixabay)
Ilustrasi pelatihan skill di PPKD Jakarta Selatan. (Pixabay) /Pixabay

EDITORNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk membuat program baru yaitu akan menyekolahkan 200 desa dalam Program Sekolah BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) ditahun 2021 ini. 

Sampai saat ini sudah ada dari 5.312 desa di Jabar baru 4.921 desa yang memiliki Bumdes dan mereka pun tidak semuanya aktif. 

 

Kepala Dinas PMD Jabar Bambang Tirtoyuliono mengatakan, Sekolah Bumdes merupakan salah satu upaya mereka dalam mendorong desa di Jabar untuk memiliki Bumdes seluruhnya.  

Baca Juga: Anies Baswedan Berharap Sebanyak 10 Ribu Pedagang di Pasar Tanah Abang Divaksin Semua

Baca Juga: Tingkatkan Sinergitas IWO Merangin Silahturahmi ke Polsek Pamenang

Menurut Bambang, ke 200 desa tersebut akan dikelompokkan sesuai dengan potensi usaha mereka kedalam kelompok pertanian dan non pertanian dan kemudian disampaikan pada pemerintah kabupaten untuk diusulkan desa mana saja yang sesuai kriteria. 

Selebihnya, Bambang menuturkan nanti sekolahnya ada offline dan online di mix dengan sekolah lapangan dan tempatnya bisa di Disnakertrans dengan protokol kesehatan, kata dia. 

Selebihnya, Bambang menuturkan kondisi pandemi saat ini sendi perekonomian yang masih bisa bertahan itu UMKM dan ketahanan pangan. 

Baca Juga: Komnas HAM Melakukan Penyerahan Barang Bukti Kasus Penembakan Enam Laskar FPI ke Bareskrim

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah