Gempa Susulan Sul-Bar Masih Terjadi BMKG Minta Masyarakat Tetap Waspada

- 18 Januari 2021, 17:58 WIB
Ilustrasi, petugas BMKG tengah mengamati perkembangan cuaca. Masyarakat diimbau mewaspadai Potensi Multi-bencana Hidrometeorologi, Gempa Bumi, dan Tsunami.
Ilustrasi, petugas BMKG tengah mengamati perkembangan cuaca. Masyarakat diimbau mewaspadai Potensi Multi-bencana Hidrometeorologi, Gempa Bumi, dan Tsunami. /Dok BMKG/BMKG

EDITORNEWS - Gempa susulan di Provinsi Sulawesi Barat dan sekitarnya masih terjadi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat terus waspada dan tetap tenang.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Ahli BBMKG Wilayah IV Makassar, Barkah Yuniarto di Makasar menyatakan bahwa hari ini Senin 18 Januari 2021 mencatat telah terjadi sebanyak 39 kali gempa, 31 kali gempa susulan dan delapan gempa sebelumnya.

Gempa tektonik susulan sebelumnya, pada pukul 12.11 WITA, juga terjadi dengan skala 4,2 magnitudo.

Baca Juga: Akibat Hujan Deras Presiden Hanya Pantau Situasi Banjir dari Atas Jembatan

Baca Juga: Polisi Berhasil Gagalkan Komplotan Aksi Dugaan Perdagangan Manusia

Analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter perkembangan dengan magnitudo 4,2 magnitudo itu menimbulkan getaran.

Gempa susulan berskala kecil dengan kekuatan 2,7 magnitudo terjadi di kedalaman 21 kilometer dengan 26 kilometer arah barat daya Mamuju. Gempa terjadi sekitar pukul 12.20 WITA pada 18 Januari 2021.

Episenter gempa tersebut terletak pada koordinat 2,91 LS dan 118,99 BT, atau tepatnya berlokasi pada jarak 16 kilometer Timur Laut Majene-Sulawesi Barat pada kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga: Polda Kalsel Turunkan Tim SAR Polairud Bantu Korban Banjir Banjar

Baca Juga: Garda Revolusi Iran Tembak Rudal Jelajah Ke Samudera Hindia

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x