Disinformasi: Vaksin COVID-19 Buatan Sinovac hanya untuk Uji Klinik dan Mengandung Sel Vero

- 3 Januari 2021, 20:35 WIB
Juru Bicara Vaksin COVID-19 Biofarma Bambang Herianto. (tangkapan layar)
Juru Bicara Vaksin COVID-19 Biofarma Bambang Herianto. (tangkapan layar) /Tangkapan layar YouTube/YouTube

EDITORNEWS - Juru Bicara Vaksin COVID-19 PT Bio Farma Bambang Herianto hari ini memberikan klarifikasi terkait informasi hoax yang beredar di masyarakat yang menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 yang akan digunakan adalah vaksin untuk uji klinik (only for clinical trial).

“Kami konfirmasikan bahwa vaksin COVID-19 yang saat ini sudah berada di Bio Farma, dan akan digunakan untuk program vaksinasi nantinya, akan menggunakan vaksin yang telah memperoleh izin penggunaan dari BPOM, sehingga kemasannya pun akan berbeda dengan vaksin yang digunakan untuk keperluan uji klinik,” kata Bambang pada Konferensi Pers, Minggu,3 Januari 2021.

Kemasan Corovac untuk uji klinik menggunakan kemasan pre-filled syringe, atau biasa disingkat PFS, dimana kemasan dan jarum suntik berada dalam satu kemasan.

Baca Juga: Catat, Ini Syarat dan Cara Pendaftaran Bintara TNI Angkatan Laut

Baca Juga: Sebanyak 87,7 Persen Responden Masyarakat bahwa Prilaku Korupsi dilakukan oleh Kader Parpol

Sedangkan vaksin yang akan digunakan untuk program vaksinasi pemerintah dikemas dalam bentuk vial single dose dan tidak akan ada penandaan “only for clinical trial” karena telah memperoleh izin penggunaan.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang juga mengklarifikasi hoax terkait artikel vero cell yang beredar di masyarakat.

Bambang menjelaskan bahwa vaksin COVID-19 buatan Sinovac tidak mengandung vero cell atau sel vero, karena sel vero hanya digunakan sebagai media kultur untuk media kembang dan tumbuh virus tersebut untuk proses perbanyakan virus sebagai bahan baku vaksin.

Baca Juga: Kapolda Jambi Memantau Kamtibmas dan Mengimbau Kepada Masyarakat Mengurangi Aktifitas diluar Rumah

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Kemkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x