Prabowo Nyatakan Siap Evakuasi 1000 Warga Gaza ke RS Indonesia

- 6 Juni 2024, 23:32 WIB
Prabowo Subianto di acara forum internasional IISS Shangri-La Dialogue ke-21 di Singapura
Prabowo Subianto di acara forum internasional IISS Shangri-La Dialogue ke-21 di Singapura /Instagram.com/@prabowo

EDITORNEWS.ID - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, akan mempersiapkan evakuasi warga Palestina yang terdampak serangan Israel ke RS Indonesia di sana. 

Menurut Prabowo, pelaksanaan evakuasi juga akan menyesuaikan kesiapan kondisi di kawasan tersebut. "Ya ini kita siapkan," ujar Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024.

"Ya tentunya di sana (juga) harus siap," kata dia saat ditanya kepastian waktu evakuasi.

Prabowo Subianto mengatakan, Indonesia siap mengevakuasi 1.000 warga Palestina yang terluka akibat serangan Israel untuk dirawat di RS Indonesia. 

Baca Juga: Kedutaan Besar Amerika Buka Lowongan Kerja sebagai Sopir dan Supervisory, Bisa untuk Lulusan SMK

Selain itu, kata dia, Indonesia akan terus berupaya untuk memberikan bantuan ke Gaza. Jika diperlukan dan diminta oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian, Prabowo menyebut Indonesia siap.

Hal tersebut Prabowo sampaikan saat tampil sebagai pembicara dalam sesi Special Address pada forum IISS Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura, Sabtu, 1 Juni 2024.

“Kami siap segera mengirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza dengan persetujuan semua pihak," ujar Prabowo dalam keterangannya, Minggu, 2 Juni 2024.

Indonesia juga sangat bersedia mengevakuasi dan merawat warga Palestina yang terluka dan yang membutuhkan perawatan di rumah sakit Indonesia.

"Kami bersedia mengevakuasi hingga 1.000 pasien dalam waktu dekat jika situasi memungkinkan,” ujar dia. 


Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah