Hamas Kutuk Pernyataan Genosida Menteri Keuangan Israel Bazalel Smotrich Terkait Huwara

- 3 Maret 2023, 07:09 WIB
Warga Palestina Dalam Konflik yang terjadi di Nablus, Tepi Barat.
Warga Palestina Dalam Konflik yang terjadi di Nablus, Tepi Barat. /

EDITORNEWS.ID – Pernyataan Bazalel Smotrich tentang penghancuran Kota Huwara di Tepi Barat, Palestina yang harus disegerakan oleh para militer zionis Israel pada Rabu kemarin di forum bisnis. Ternyata telah menyulut reaksi panas dari para pejuang kedamaian Palestina yaitu Hamas. Tidak hanya hamas yang mengecam aksi provokasi Smotrich bahkan Amerika Serikat pun mengecam.

“Komentar Smotrich adalah mengindikasikan tingkat kriminalitas dan hasutan terbuka bagi pemukim dan militer zionis Israel untuk melakukan lebih banyak lagi pembantaian terhadap warga Palestina dengan berklamufase sebagai pemerintah resmi yang penduduknya dipandang sebagai fasisme” ucap juru bicara Hamas, Abdel Latif Al-Qounua sebagaimana dikutip dari Middle East Monitor.

“Rakyat Palestina dan pemuda revolusioner Palestina akan memenuhi panggilan (seruan perang) zionis ini dengan persatuan yang lebih dan melakukan perlawanan yang sah terhadap pendudukan” lanjut juru bicara Hamas itu.

Menurut Abdel Latif Al-Qounua seruan Smotrich perlu diintervensi secara Internasional yang secara tidak langsung telah mendukung aksi ekstrimisme dan kekerasan terhadap Palestina. Dengan adanya pernyataan itu, Abdel Latif juga menyampaikan harus adanya klarifikasi dan permintaan maaf dari pemerintah Israel terhadap Palestina secara terbuka.

Baca Juga: China Mengatakan Klaim Terkait 'Kebocoran Laboratorium' COVID-19 Merusak Kredibilitas AS

Smotrich melemparkan pernyataan tersebut setelah peristiwa penembakan di Jericho dan serangan warga Israel di kota Huwara terhadap warga Palestina. Menurut juru bicara Hamas, pernyataan yang dilemparkan dari Smotrich mengundang upaya kejahatan genosida selanjutnya kepada Palestina.

Sedangkan, Amerika Serikat menyikap pernyataan dari Smotrich mengutuk dan meminta agar Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, para petinggi Israel dan juga pejabat senior Israel untuk melakukan pernyataan terbuka sesegera atas pernyataan Smotrich tersebut.

Juru bicara departemen luar negeri Amerika Serikat, Ned Price mengungkapkan bahwa komentar yang dibuat Smotrich di forum bisnis adalah tindakan yang sangat buruk dan memperburuk keadaan yang terjadi di Tepi Barat, Palestina. Menurut Ned Price juga tindakan tersebut adalah bentuk hasutan yang dilakukan oleh ekstrimis sayap kanan untuk lebih banyak lagi melakukan kekerasan.

“Pernyataan seperti itu bagi seorang Menteri adalah hal yang sangat menjijikan dan tindakan yang sangat tidak bertanggung jawab” pungkas Ned Price.***

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x